Petakan Potensi dan Kemampuan Organisasi, 8 Orang Pejabat Ikuti Uji Potensi dan Kompetensi

0
88

(Vibizmedia – Gorontalo) Gorontalo – Menindaklanjuti Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Manajemen Talenta Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 8 Tahun 2021 tentang Manajemen Karier Pegawai Negeri Sipil Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Hukum dan HAM menyelenggarakan Penilaian Potensi dan Kompetensi bagi Pejabat Administrator dan Pejabat Fungsional Ahli Madya sejumlah 538 (lima ratus tiga puluh delapan) pegawai.

Kegiatan yang akan berlangsung dari tanggal 14 sampai dengan 28 oktober ini, diikuti oleh delapan orang pejabat Administrator dan pejabat Fungsional Ahli Madya dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo yang nantinya akan melalui beberapa tahapan penilaian potensi.

Penilaian potensi melalui assesment center yang terdiri dari kemampuan intelektual, kemampuan interpersonal, kesadaran diri, kemampuan berfikir kritis dan strategis, kemampuan menyelesaikan permasalahan, kecerdasan emosional, kemampuan belajar cepat dan mengembangkan diri, motivasi dan komitmen.

Serta Penilaian kompetensi manajerial dan sosial kultural dilaksanakan dengan simulasi Analisa Kasus, Leaderless Group Discussion (LGD) dan Wawancara yang diujikan oleh Assessor Sumber Daya Manusia Aparatur. Sedangkan penilaian kompetensi teknis dilaksanakan dengan metode wawancara teknis yang diujikan oleh Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama atau Pejabat Fungsional Ahli Utama.

Penilaian Potensi dan Kompetensi ini dilakukan para untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan yang dimiliki oleh masing-masing peserta serta sampai sejauh mana kemampuan yang dimiliki peserta dalam mendorong organisasi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Selain itu proses wawancaranya bertujuan untuk menggali potensi yang ada pada diri masing-masing peserta.

Sumber : Humas Kanwil Kmenkumham Gorontalo