Kilang Cilacap Raih Subroto Awards 2022, Gas Suar Dikonversi Jadi Sumber Energi Lain

0
83

(Vibizmedia – Cilacap)  PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap kembali menunjukkan prestasinya karena berhasil meraih Subroto Awards 2022 kategori “Efisiensi Energi Bidang Keselamatan Migas dan Pemanfaatan Gas Suar pada Kegiatan Migas”.

Penganugerahan penghargaan dari Kementerian Energi & Sumber Daya Mineral (ESDM) RI ini dilakukan langsung oleh Menteri  Arifin Tasrif secara virtual pada Senin (4/10/2022).

Kesuksesan PT KPI RU IV meraih Subroto Awards 2022 ini menyusul keberhasilan pemanfaatan gas suar yang dikonversi menjadi sumber energi lain.

GM PT KPI RU IV Cilacap, Edy Januari Utama  menyatakan apresiasi kepada seluruh perwira RU IV yang telah mengupayakan efisiensi energi dengan pemanfaatan gas suar sehingga  berhasil mendapat penghargaan ini.

Lebih lanjut, pemanfaatan gas suar ini dapat meningkatkan keekonomian operasi dan bisnis kilang RU IV mengingat flare gas yang biasanya terbuang dapat dimanfaatkan kembali menjadi fuel gas.

Edy menjelaskan, pemanfaatan ini juga turut mengurangi dampak pencemaran lingkungan sekaligus wujud nyata komitmen Perwira Pertamina mendukung efiensi dan optimalisasi sebagai prioritas industri migas.

Edy juga mengingatkan, masih banyak peluang inovasi lain untuk mempercepat transisi energi, serta mendukung target Nasional berupa penurunan emisi sebesar 29% pada tahun 2030.

Ia melanjutkan, Pertamina sudah melakukan inisiatif dekarbonisasi melalui efisiensi energi, penggunaan gas flaring, konversi bahan bakar, dan modifikasi peralatan rendah emisi. Keberhasilan ini semakin menegaskan kilang Cilacap sebagai andalan dalam menjaga kedaulatan energi.

Ditambahkan, keberhasilan ini juga menjadi bagian dari implementasi Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis RU IV.

Edy menambahkan, dalam praktik bisnis dan investasi, pihaknya selalu berupaya mengoptimalkan integrasi dan implementasi ESG dalam setiap kebijakan.

Diketahui, Subroto Awards merupakan penghargaan Kementrian ESDM setiap tahun sebagai apresiasi kepada para pemangku kepentingan baik pemerintah maupun swasta atau pengguna energi secara perorangan yang telah berhasil menerapkan efisiensi energi dan konservasi energi termasuk penurunan emisi Gas Rumah Kaca. Pelaksanaan penghargaan tahun ke-5 ini merupakan acara puncak peringatan Hari Jadi Pertambangan dan Energi yang diperingati setiap 28 September.

Baca juga:

Kominfo Segera Tindak Lanjuti Dugaan Kebocoran Data Kartu SIM Bersama Ekosistem Pengendali Data