Kesiapan KBRI Singapura Jelang Dialog Wapres dengan Para Diaspora Indonesia

0
79
Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryo Pratomo di KBRI, 7 Chatsworth Rd, Singapura, Selasa (18/10/2022). (Foto: BPMI Setwapres)

(Vibizmedia – Singapura) Selasa (18/10/2022) merupakan hari istimewa untuk Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura (KBRI Singapura) dan para Diaspora Indonesia. Sebab, pada hari ini Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin akan mengunjungi KBRI di sela kunjungan kerjanya di Singapura dan menyapa langsung masyarakat Indonesia.

“Hari ini sebetulnya hari yang istimewa untuk diaspora Indonesia di Singapura. Karena memang kalau kita tarik ke belakang, terakhir itu kunjungan pejabat tinggi Indonesia itu adalah Presiden Joko Widodo pada bulan April tahun 2019. Jadi, sudah tiga tahun ini tidak ada pejabat tinggi. Karena itu, kehadiran Wakil Presiden Ma’ruf Amin ini sangat berarti bagi teman-teman diaspora dan itu terlihat dari antusiasme yang luar biasa dari teman-teman diaspora,” tutur Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryo Pratomo di KBRI, 7 Chatsworth Rd, Singapura, Selasa (18/10/2022).

Lebih lanjut Duta Besar Tomi menyampaikan antusiasme warga sangat terasa, khususnya bagi para pelaku industri UMKM Indonesia di Singapura. Sebagaimana diketahui, banyak warga negara Indonesia yang memiliki usaha di negeri singa ini, salah satunya di bidang kuliner.

“Arahan yang disampaikan oleh Wakil Presiden tentunya sangat dibutuhkan, terutama karena di Singapura bukan hanya pengusaha besar yang tinggal di sini, tapi banyak UMKM Indonesia. Dan kalau kita melihat di pertokoan-pertokoan, banyak tempat-tempat makan Indonesia, ada Taste of Indonesia, kalau kita pergi ke Lucky Plaza ada makanan mie Indonesia. Dan itu semua UMKM yang mereka berjuang mempromosikan dan bahkan membawa produk-produk dari Indonesia untuk dipasarkan di Singapura,” papar Tomi.

“Dan alhamdulillah, selama ini mereka mendapat respons yang baik dari market yang ada di Singapura dan ini tentunya harus terus kita pertahankan,” tambahnya.

Oleh karena itu, ke depan Duta Besar Tomi berharap, agar arahan yang diberikan oleh Wakil Presiden kepada para diaspora Indonesia di Singapura pada siang hari ini dapat memberikan suntikan semangat agar lebih kompak lagi dan semakin berkontribusi dalam membangun citra baik Indonesia.

“Kita harapkan arahan dari Wakil Presiden membuat kita tetap semangat. Sekali lagi, yang kita hadapi ke depan ini, tahun depan bukan tahun yang mudah, dan hanya dengan sikap yang lebih inovatif, mau melakukan kolaborasi, itu akan menjadi kekuatan dari bangsa ini,” harap Tomi.

“Mudah-mudahan kita terus kompak, dan dengan kepemimpinan Pak Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin kita semakin kompak untuk menghadapi tantangan ini,” pungkasnya.