Wakil Perdana Menteri Singapura Sambut Baik Penguatan Kerja Sama dengan Indonesia

0
96
Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma'ruf Amin bertemu Wakil Perdana Menteri Singapura Lawrence Wong di Parliament Of Singapore, Selasa (18/10/2022). (Foto: BPMI Setwapres)

(Vibizmedia – Singapura) Wakil Perdana Menteri Singapura, Lawrence Wong, menyambut baik usulan Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin mengenai penguatan kerja sama kedua negara di berbagai bidang.

“Terima kasih Bapak Wakil Presiden atas pandangan dan pemikirannya dan juga saran-saran yang telah disampaikan untuk memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dengan Singapura. Seperti Yang Mulia sampaikan, ada banyak sekalj kerja sama mengenai kemitraan komprehensif antara kedua negara,” ungkap Lawrence Wong saat menerima kunjungan Wapres di Parliament of Singapore, Selasa (18/10/2022).

Lebih lanjut, Lawrence Wong menyampaikan, salah satu kerja sama konkret yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan intensitas dan kapasitas penerbangan antara Indonesia dan Singapura. Sebab, sebagaimana diketahui, kedua negara menjadi tempat tujuan yang strategis baik untuk wisata maupun bisnis.

“Kita bisa melihat penerbangan antara Indonesia dengan Singapura ini penuh, sangat populer sekali. Kita bisa bekerja sama untuk meningkatkan kapasitas sehingga dapat memiliki lebih banyak lagi penerbangan dan juga mendorong perjalanan tidak hanya dengan pesawat terbang namun juga menggunakan kapal feri,” paparnya.

Di bidang digital, Wakil Perdana Menteri Singapura pun mengungkapkan bahwa sektor ini memiliki potensi yang tinggi. Terlebih, saat ini banyak negara sudah memiliki koneksi internet yang baik, maka sistem pembayaran digital antarnegara pun menjadi peluang baik untuk dimanfaatkan dalam membangun konektivitas.

“Kita dapat menghasilkan suatu sistem pembayaran digital yang menghubungkan antara Singapura dengan Indonesia,” imbuh Lawrence.

Sementara dari sektor pekerja migran Indonesia, Lawrence Wong pun menyampaikan komitmen Singapura dalam menjaga kesejahteraan para pekerja migran di negaranya, termasuk Indonesia.

“Kesejahteraan dan juga kepentingan dari seluruh pekerja migran adalah penting bagi kami termasuk juga yang dari Indonesia,” ungkapnya.

“Kami tentu akan melakukan apapun yang diperlukan untuk mendukung Yang Mulia dengan memastikan bahwa kesejahteraan dan juga kepentingan para pekerja migran ini tertangani sehingga mereka dapat tinggal di Singapura dengan baik,” pungkas Lawrence.

Menanggapi hal tersebut, Wapres mengapresiasi sambutan hangat dari Wakil Perdana Menteri Singapura dan komitmennya dalam memperkuat hubungan bilateral kedua negara.

Menutup pertemuan, Wapres juga menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo dan turut mengundang Perdana Menteri serta Wakil Perdana Menteri Singapura untuk datang ke Bali, Indonesia dalam acara KTT G20.

“Presiden juga menyampaikan salam kepada Perdana Menteri Lew dan Yang Mulia Wakil Perdana Menteri. Beliau menunggu kehadiran Perdana Menteri dan Wakil Perdana Menteri di KTT G20 nanti di Bali,” undang Wapres.

Hadir mendampingi Wapres dalam pertemuan ini Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi, Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryo Pratomo, Kepala Sekretariat Wakil Presiden Ahmad Erani Yustika, dan Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi.

Sementara Wakil Perdana Menteri Singapura didampingi oleh Direktur Jenderal Asia Tenggara Catherine Wong, Sekretaris Utama Wakil Perdana Menteri Singapura Joshua Lo, Wakil Direktur Terrence Teo, dan Country Officer Andrew Leung.