Selesaikan Gedung Entrepreneurship Terpadu Unibraw Malang, Cetak SDM Unggul dan Berjiwa Wirausaha

0
193

(Vibizmedia -Malang)  Salah satu komitmen Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) adalah melaksanakan pembangunan infrastruktur pendidikan guna mendukung peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) unggul. Hal ini ditunjukkan salah satunya dengan melakukan penyelesaian pembangunan Gedung Auditorium dan Gedung Entrepreneurship Terpadu di kompleks Universitas Brawijaya, Kota Malang, Jawa Timur (Jatim).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan SDM telah menjadi salah satu agenda prioritas Presiden Joko Widodo bersama Wapres Ma’ruf Amin.

Ia menyatakan, pihaknya ditugaskan melanjutkan pembangunan prasarana pendidikan guna mendukung peningkatan kualitas SDM. Untuk itu perlu memanfaatkan fasilitas yang sudah dibangun.  Generasi mendatang harus lebih pintar karena fasilitasnya lebih baik.

Pembangunan Auditorium Brawijaya mulai dibangun pada Oktober 2021 dengan tinggi 6 lantai dilengkapi semi basement. Selain auditorium, bangunan ini juga dimanfaatkan untuk Gedung Rektorat. Selanjutnya Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jatim, Ditjen Cipta Karya juga membangun Gedung Entrepreneurship Terpadu yang merupakan lanjutan Konstruksi Dalam Pengerjaan (KDP) yang pembangunannya terhenti pada tahun 2015 silam.

Kepala BPPW Jatim M Reva Sastrodiningrat menyatakan,  lingkup pekerjaan untuk pembangunan Auditorium Brawijaya dan Gedung Entrepreneurship Terpadu mencakup pekerjaan persiapan, struktur, arsitektur dan interior, mekanikal, dan elektrikal.

Pembangunan kedua gedung tersebut dilaksanakan oleh kontraktor PT Adhi Karya (Persero) dengan anggaran APBN tahun 2021-2022 senilai Rp127,6 miliar. Saat ini progres fisik pekerjaan sudah mencapai 76,58% dengan target sesuai kontrak selesai 31 Desember 2022.

Dengan selesainya pembangunan Gedung Auditorium Brawijaya dan Gedung Entrepreneurship Terpadu diharapkan dapat meningkatkan kualitas sarana dan prasarana pendidikan di lingkungan Universitas Brawijaya Kota Malang, sekaligus memenuhi kebutuhan ruang perkuliahan bidang entrepreneurship, sehingga mampu mencetak sumber daya manusia Indonesia yang unggul dan berjiwa wirausaha.