Wajah Taman Mini yang Baru, Destinasi Wisata Rakyat Dengan Environmental yang Bagus

0
97
Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya mengadakan kegiatan Fun Walk di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada Minggu, 16 Oktober 2022 (Foto: Kementerian PUPR)

(Vibizmedia – Jakarta) Memperingati Hari Habitat Dunia & Hari Kota Dunia 2022 (HHD-HKD 2022) yang memiliki tema “Kolaborasi Pentahelix dalam Pembangunan Permukiman dan Perumahan Perkotaan Menuju Nol Kumuh”, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya mengadakan kegiatan Fun Walk  di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada Minggu (16/10/2022).

Kegiatan  ini dipimpin langsung oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljon. Diawali dengan kegiatan senam pagi, dilanjutkan dengan pelepasan burung merpati, juga pelepasan sekitar 20 ribu benih ikan di kawasan Danau Archipelago.

Rute Fun Walk dimulai dari titik start yang berada di kawasan Keong Mas, lalu berjalan mengitari kawasan TMII hingga menuju garis finish di kawasan Danau Archipelago.

Kementerian PUPR juga telah melakukan penataan dan revitalisasi sarana prasarana kawasan TMII sebagai salah satu venue pendukung bagi presidensi Indonesia pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 dengan total anggaran sebesar Rp 1,08 triliun. Selain itu, penataan kawasan TMII dilakukan pula sebagai upaya untuk merawat bangunan bersejarah dan menjadikannya sebagai ikon baru kebanggaan Indonesia.

Menteri Basuki menyampaikan, sejak dibangun pada tahun 1970-an, baru kali ini diadakan renovasi besar-besaran di TMII. Progresnya sudah hampir selesai, tinggal menunggu peresmian dari  Presiden.

Penataan dan renovasi kawasan TMII ini  mengadopsi konsep destinasi wisata rakyat. Di DKI Jakarta sendiri, terdapat 3 destinasi wisata rakyat, yaitu Kebun Binatang Ragunan, Kawasan Ancol, serta TMII.

Menteri Basuki menambahkan, diharapkan masyarakat yang mengunjungi  Kawasan TMII bisa piknik membawa tikar serta bekal makan siang. Ia memastikan bahwa inilah Taman Mini yang baru, yang merupakan destinasi  wisata rakyat dengan environmental yang sudah bagus.

Menteri Basuki juga berpesan supaya selalu menjaga kebersihan, terlebih kawasan TMII yang luasnya 150 hektar ini merupakan salah satu aset negara yang berharga.

Menteri menyatakan selamat menikmati TMII yang baru, dengan pesan agar masyarakat  berkunjung dan memelihara TMII. Ia mengingatkan untuk menjaga kebersihan karena sangatlah tidak mudah untuk mengurus TMII. Bersama-sama  harus keras dan disiplin untuk menjaga kawasan ini tetap terjaga.

Turut hadir dalam kesempatan ini, Direktur Jenderal Sumber Daya Air Jarot Widyoko, Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti, Direktur Jenderal Perumahan Iwan Suprijanto, Kepala BPSDM Khalawi, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan  Endra S. Atmawidjaja serta jajaran direksi BUMN Konstruksi mitra PUPR.