Kanwil Kumham Kalbar Studi Tiru Pembangunan ZI Kanwil Kumham Jatim

0
82

(Vibizmedia – Kalbar) Surabaya – Kanwil Kemenkumham Kalbar melaksanakn studi tiru ke Kanwil Kemenkumham Jatim, Kamis (20/10). Tujuan studi tiru ini adalah untuk mempelajari proses pembangunan zona integritas menuju WBK/ WBBM di Kanwil Kemenkumham Jatim.

Kakanwil Kemenkumham Kalbar Pria Wibawa yang memimpin rombongan disambut langsung Ketua Kelompok Kerja Pembangunan Zona Integritas Kanwil Kemenkumham Jatim Indah Rahayuningsih. Kakanwil didampingi oleh Kadiv Administrasi Dwi Harnanto, Kadiv Pemasyarakatan Ika Yusanti, Kadiv Keimigrasian Tato Juliadin Hidayawan, dan delapan Kepala UPT jajaran Kanwil Kemenkumham Kalbar.

Kegiatan dimulai dengan diskusi antar kelompok kerja. Indah menjelaskan kunci sukses pembangunan zona integritas di Kanwil Kemenkumham Jatim. Menurut Indah, pembangunan zona integritas di Jatim cukup berat karena selain sebagai pelaksana, juga harus bisa menjadi pembina.

“Kami ada 64 satker termasuk kanwil di Jatim, dan ini perlu strategi yang jitu agar pembangunan zona integritas berjalan serentak dan berkesinambungan,” terangnya.

Kunci utama, lanjut Indah, adalah adanya tim yang solid. Menurutnya, tim harus dibangun dan diikuti oleh seluruh pegawai. Baik PNS maupun PPNPN.

“Semua jajaran harus terlibat, bekerja bersama dan punya tujuan yang sama, yaitu perbaikan layanan publik,” terangnya.

Sementara itu, Pria Wibawa menjelaskan alasannya melakukan studi tiru di Kanwil Kemenkumham Jatim. Menurutnya, Kanwil Jatim adalah panutan bagi Kanwil lain.

“Karena meskipun Kanwilnya besar, UPT-nya banyak, tapi hasilnya juga nyata. Banyak sekali Satker jajarannya yang telah meraih predikat WBK/ WBBM dari KemenPAN-RB,” terangnya.

Pria mengisahkan, pada 2020, dirinya masih menjabat Kadiv Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jatim. Sehingga tahu betul bagaimana proses pembangunan ZI di Jatim.

“Saya dulu juga termasuk pokja ZI di sini, jadi tahu betul bagaimana proses perubahan mindset di jajaran Kanwil Kemenkumham Jatim, ini yang coba kami adopsi agar bisa dicontoh teman-teman di Kalimantan Barat,” harapnya.

Selain diskusi, rombongan juga meninjau setiap sudut kantor. Terutama pusat pelayanan terpadu yang menjadi inovasi andalan. Selain itu, masing-masing subbag dan subbid juga melakukan diskusi di ruang kerja.

Setelah melaksanakan studi tiru di Kanwil Jatim, Tim Kanwil Kalbar terbagi menjadi dua tim yang melaksanakan studi tiru pada UPT jajaran Kanwil Jatim. Tim 2 yang dipimpin Kadiv Keimigrasian melaksanakan studi tiru ke Kanim Khusus Surabaya dan Rudenim Surabaya. Tim 3 yang dipimpin Kadiv Pemasyarakatan melaksanakan studi tiru di Lapas Sidoarjo dan Lapas dan Rutan Perempuan Surabaya.

Sumber : Humas Kanwil Kemenkumham