Transaksi 34 Kesepakatan Dagang Senilai Lebih Dari USD 261 Juta di Hari Kedua TEI ke-37

0
85
Presiden Joko Widodo membuka acara TEI ke-37 di ICE, BSD City, Tangerang, Banten, Rabu, 19 Oktober 2022. FOTO: SETKAB

(Vibizmedia – Tangerang)  Transaksi yang dicapai dalam ajang Trade Expo Indonesia (TEI) ke-37 terus membanggakan. Kementerian Perdagangan kembali memfasilitasi penandatanganan 34 kesepakatan dagang senilai lebih dari USD 261 juta.

Negeri mitra dagang kali ini berasal dari enam negara yaitu India, Kamerun, Kanada, Jepang, Thailand, dan Timor Leste. Penandatanganan kesepakatan dagang disaksikan secara langsung oleh Direktur Pengembangan Ekspor Produk Primer Merry Maryati.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Didi Sumedi menyatakan secara terpisah, pihaknya mengapresiasi para eksportir Indonesia dan buyer yang berasal dari enam negara mitra. Beberapa produk yang ditransaksikan negara-negara mitra tersebut, antara lain mesin giling padi, pupuk organik, produk makanan dan minuman, kopi, minyak sawit danturunannya, cengkeh, batu bara, serta rempah-rempah.

Didi mengatakan, TEI ke-37 digelar pada 19-23 Oktober 2022 (luring) dan hingga 19 Desember 2022 (daring). Hingga hari ke dua,  nilai total transaksi tercatat USD1,45miliar.

Direktur Pengembangan Ekspor Produk Primer Merry Maryati memberikan apresiasi terhadap perwakilan perdagangan yang turut berpartisipasi dan memfasilitasi dalam penandatanganan tersebut.

Merry menyampakan rasa percaya juga kepercayaan dan antusiasme pelaku usaha luar negeri terhadap Indonesia sejalan dengan tema TEI ke-37 “Strengthening Global Trade for Stronger Recovery.”

Baca juga:

Presiden Jokowi Harapkan Trade Expo Indonesia Tahun 2022 Bukukan Transaksi Besar