Kemenkumham Jatim Sambut Baik Kolaborasi Kinerja dengan Pengadilan Tinggi Surabaya

0
101

(Vibizmedia РJatim) SURABAYA РKepala Kanwil Kemenkumham Jatim Zaeroji menyambut baik rencana kolaborasi kinerja dengan Pengadilan Tinggi (PT) Surabaya. Rencananya, dua satker yang pernah berada dalam satu atap itu akan memanfaatkan aplikasi e-Berpadu untuk peningkatan pelayanan publik.

“Selain silahturahmi, kami juga menjajaki rencana perjanjian kerjasama pemanfaatan aplikasi e-Berpadu,” ujar Ketua PT Surabaya Kresna Menon.

Rencananya, PT Surabaya akan menggelar kegiatan Penandatanganan Penjanjian Kerja Sama tentang Pengembangan dan Implementasi Sistem Peradilan Pidana Terpadu Berbasis Teknologi Informasi (DPPT-TI) dan Launching Aplikasi e-Berpadu.

E-Berpadu adalah kepanjangan dari Elektronik Berkas Pidana Terpadu. Aplikasi e-Berpadu meliputi berbagai macam pelayanan. Diantaranya yaitu pelimpahan berkas perkara pidana secara elektronik, permohonan izin/persetujuan penyitaan secara elektronik, permohonan izin/persetujuan pengeledahan secara elektronik. Selain itu juga ada perpanjangan penahanan secara elektronik, permohonan izin besuk secara elektronik.

“Juga ada mnu permohonan pinjam pakai barang bukti secara elektronik, hingga penetapan diversi,” jelas Kresna.

Sementara itu, Zaeroji sangat terbuka dengan rencana kolaborasi kinerja tersebut. Menurutnya, selama ini hubungan antara Kanwil Kemenkumham Jatim dan Pengadilan Tinggi Jatim sudah berjalan dengan baik.

“Sebelumnya kami juga ada MoU terkait tugas dan fungsi Balai Harta Peninggalan Surabaya,” urai Zaeroji.

Untuk itu, menurut Zaeroji, E-berpadu tidak hanya akan menjadi istilah saja. Melainkan hubungan kerja sama kemitraan antar para penegak hukum yang saling bekerja sama.

“Kita berharap pelayanan publik hukum di Indonesia semakin baik, tercipta pelayanan yang murah, efektif dan efisien,” harap Zaeroji.¬†(aji/ kumhamjatim)

Sumber : Humas Kanwil Kemenkumham Jatim