Kementerian PUPR Siapkan Pakar Air Tanah dari Kaum Milenial

0
110
Aliran Sungai Aek Raisan di Kecamatan Sitahuis, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara digunakan sebagai sumber energi untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLTMH). FOTO: VIBIZMEDIA.COM/FADJAR

(Vibizmedia-Nasional) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan bahwa pihaknya tengah mempersiapkan calon pakar air tanah melalui studi lapangan di Sumba Timur dan Pulau Moa.

Sebagai informasi, Keluarga Besar Air Tanah Kementerian PUPR terdiri dari para pensiunan Satuan Kerja Proyek Pengembangan Air Tanah (P2AT) atau yang sekarang berganti nama menjadi Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Air Tanah dan Air Baku, yang tersebar di seluruh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) dan Balai Wilayah Sungai (BWS).

SNVT Air Tanah dan Air Baku menjalankan tugas pengawasan dan pelaksanaan kegiatan operasi dan pemeliharaan sumur air tanah dan air baku, embung air baku, unit air baku, sumur jaringan irigasi air tanah, dan jaringan irigasi air tanah.

“Kementerian PUPR saat ini tengah menyiapkan beberapa generasi muda PUPR untuk menjadi pakar air tanah melalui program magister super spesialis,” ungkap Basuki saat menghadiri acara Silaturahmi Keluarga Besar Air Tanah Kementerian PUPR di Semarang, Jawa Tengah, pada Minggu, 23 Oktober 2022.

Basuki mengatakan para calon pakar air tanah milenial tersebut, saat ini tengah melakukan studi lapangan di Sumba Timur dan Pulau Moa.

“Setelah lulus, mereka akan kita proyeksikan untuk menduduki jabatan strategis di BWS atau BBWS sebagai Kasatker atau PPK,” katanya.