Lomba Debat APBN 2022 Upaya Untuk Edukasi Mengenai APBN

0
93
Lomba Debat APBN 2022 Upaya Untuk Edukasi Mengenai APBN
(Photo: Kemenkeu)

(Vibizmedia-Nasional) Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memberikan apresiasi atas terselenggaranya serangkaian lomba terkait Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) mulai dari Lomba Debat APBN yang diperuntukan bagi mahasiswa, serta Lomba Konten Youtube dan Tiktok terkait APBN yang diperuntukan bagi pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP). Acara ini terselenggara berkat kerjasama antar unit eselon 1 terkait di Kementerian Keuangan dalam rangka untuk memperluas edukasi kepada msyarakat terutama generasi muda tentang instrumen keuangan negara.

“Ini merupakan suatu upaya yang akan kita terus dorong dan saya berterima kasih serta menghargai dari jajaran Kementerian Keuangan yang terus melakukan upaya untuk mensosialisasikan dan mengedukasi mengenai instrumen APBN yang memang luar biasa penting,” ungkap Menteri Keuangan pada acara Final Lomba Debat APBN 2022 bertema “Generasi Peduli Negeri” di Jakarta, Kamis (27/10).

Setelah melewati berbagai tahap persaingan yang sehat dan sangat ketat, Lomba Debat APBN kali ini menghadirkan tiga tim terbaik dari total 197 tim dari 97 perguruan tinggi yang mengikuti kompetisi ini. Adapun tiga tim yang berhasil bertanding di acara final yaitu terdiri dari tim Generality dari Universitas Gadjah Mada yang keluar sebagai juara pertama, tim Utility dari Politeknik Keuangan STAN sebagai juara kedua dan tim Ledhak dari Universitas Hasanuddin sebagai juara ketiga.

Selanjutnya, selain pengumuman pemenang dari Lomba Debat APBN, dalam kesempatan itu juga di umumkan lima finalis Lomba Konten Tiktok APBN tingkat SMP yang dimenangkan oleh sekolah UPT SMPN 1 Duampanua Sulawesi Selatan sebagai juara pertama, dan juga lima finalis Lomba Konten Video Youtube yang dimenangkan oleh sekolah MTSN 1 Kebumen Jawa Tengah sebagai juara pertama.

Dikatakan Menkeu, kegiatan ini tidak hanya sekedar lomba melainkan merupakan sebuah investasi bagi Indonesia dalam membangun generasi muda yang paham dan peduli mengenai instrumen keuangan negara, serta aktif menjaga dan memperkuat sehingga Indonesia bisa mencapai cita-citanya.

“Cita-cita kita menjadi masyarakat adil makmur, menjadi negara maju, negara yang bermartabat, keren, kalau kita berdiri dan kita kemana-mana dihormati dan diakui. Kan inginnya seperti itu,” ungkap Menkeu

Selain itu, Menteri Keuangan juga menyampaikan apresiasinya kepada sekolah-sekolah yang turut aktif berpartisipasi dalam lomba ini, juga apresiasi diberikan kepada para guru yang telah aktif membimbing, mendukung, dan memotivasi para siswa untuk semangat berkompetisi serta menumbuhkan minat dan kepedulian terhadap keuangan negara.

Terakhir, Menkeu berharap agar para generasi muda dapat terus mengerti, menekuni, mempelajari, berkompetisi, dan mengisi ruang publik dengan hal-hal yang baik untuk kemajuan bangsa Indonesia.

“Terus kita berkompetisi dengan baik, terus mengisi waktu Anda dengan berbagai edukasi dan informasi yang baik, dan itu adalah cara Anda untuk tidak pernah lelah mencintai Indonesia,” tutupnya.