Kemenkeu Luncurkan Aplikasi Satu Kemenkeu

0
85
Kemenkeu Luncurkan Aplikasi Satu Kemenkeu
(Photo: Kemenkeu)

(Vibizmedia-Nasional) Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan, tantangan yang dihadapi oleh bangsa dan perekonomian Indonesia setiap tahunnya terus berubah. Dalam menghadapi tantangan tersebut, tidak jarang membentuk budaya baru dan memperkuat budaya yang saat ini telah ada.

“Tantangan-tantangan itu tidak hanya perlu untuk direspon, tapi di dalam cara kita merespon dari suatu tantangan, maka mereka juga membentuk budaya yang baru atau memperkuat existing budaya yang ada di dalam Kementerian Keuangan (Kemenkeu),” ungkap Menkeu pada Acara Kemenkeu Satu, Satu Kemenkeu : Penguatan Budaya dan Peluncuran Aplikasi Satu Kemenkeu di Jakarta, Jumat (28/10).

Demikian juga untuk Kemenkeu, Menkeu mengatakan, sebagai bendahara negara yang diberikan kewenangan untuk mengurus keuangan negara yang besar dan kompleks, Kemenkeu harus dilengkapi dengan sebuah perangkat ekosistem yang baik sehingga dapat memberikan nilai tambah dan mentransformasikan ekonomi negara menuju cita-citanya.

“Apabila kita tidak punya value dan juga budaya yang menjadi karakter yang membentuk mindset dan membentuk cara kerja kita, maka kita hanya akan menjadi sekedar organisasi,” tandas Menkeu.

Guna mendukung hal tersebut, Kemenkeu mengembangkan aplikasi Satu Kemenkeu. Aplikasi ini merupakan terjemahan dari konsep Kemenkeu Satu khususnya berkaitan dengan dukungan teknologi informasi.

Super apps Satu Kemenkeu merupakan ekosistem dari aplikasi yang ada di Kemenkeu. Aplikasi Satu Kemenkeu akan membangun budaya baru dalam bekerja yang lebih agile, fleksibel, responsif, namun tetap konsisten dengan tujuan.

“Dari cara pandang sampai kepada sikap dan perilaku yang satu itu, mudah-mudahan kita bisa mencapai tujuan organisasi yang telah kita tetapkan dengan sebaik-baiknya,” jelas Sekretaris Jenderal Kemenkeu Heru Pambudi dalam kesempatan yang sama.