Ayo Minum Kopi Telur di Vietnam

0
119
Ayo minum kopi telur di Vietnam
Egg coffee sudah ada sejak tahun 1946 ( Foto: Evy Margareta/Kontributor Vibizmedia)

(Gaya Hidup – Vibizmedia) Pernah kebayang tidak gimana rasa minum kopi pakai telur? Selintas pasti langsung ada penolakan tidak  cocok sekali minum kopi dengan rasa  telur. Nah anda patut untuk mencoba nya saat jalan-jalan ke Hanoi Vietnam.

Egg coffee atau yang lebih dikenal dengan nama kopi telur merupakan minuman khas tradisional Vietnam yang dibuat dari campuran kopi, telur, gula, dan susu kental manis.

Penggunaan telur dalam kopi  mungkin masih terasa asing di telinga serta lidah anda. Kopi ini termasuk dalam  jenis kopi unik asal Vietnam.

Di negara asalnya, kopi telur ini dijuluki dengan nama cha phe trung. Egg coffee  sudah ada sejak tahun 1946.  Pada masa itu sedang terjadi Perang Perancis di Vietnam.

Kopi dicampur telur terasa enak (Foto: Evy Margareta/Kontributor Vibizmedia)

Awal kopi telurnya muncul adalah saat Vietnam sedang mengalami krisis susu. Sedangkan kopi tradisional Vietnam selalu dibuat dengan campuran susu di dalamnya.

Mengatasi hal ini, seorang pemilik kedai kopi Cafe Giang di Hanoi bernama Nguyen Giang bereksperimen untuk mencari pengganti susu dalam sajian kopinya,  dipilihnya telur.

Bagian telur yang digunakan hanyalah kuningnya saja karena bagian inilah yang memiliki tekstur creamy seperti susu.

Hal yang uniknya, sekalipun menggunakan campuran kuning telur di dalamnya, tapi kopi ini sama sekali tidak berbau amis.

Cita rasanya manis dan gurih dengan tekstur yang sangat creamy dan lembut saat anda seruput.

Selalu banyak pembeli yang mau menikmati kopi telur (Foto: Evy Margareta/Kontributor Vibizmedia)

Tentunya sebelum meminum egg coffee ini, anda wajib mengaduknya hingga rata terlebih dahulu supaya cairan kopi bisa bercampur rata dengan adonan kuning telur yang sudah dikocok.

Jadi penasaran yah ingin mencoba ?