Festival Inovasi SUCOFINDO Ciptakan Ide Bisnis Menuju Digital TIC Company

0
60

(Vibizmedia – Jakarta) Sebagai rangkaian perayaan menyambut Hari Ulang Tahun yang ke-66 , PT SUCOFINDO telah menyelenggarakan perhelatan festival inovasi dan ide bisnis, yang juga bertujuan menumbuhkembangkan budaya inovasi di perusahaan.

Direktur Utama PT SUCOFINDO Mas Wigrantoro Roes Setiyadi menyatakan, festival inovasi ini berfokus untuk mengembangkan atau mencipta ide bisnis bidang TIC (Testing, Inspection, Certification), sebagai adaptasi perkembangan zaman dan tantangan bisnis. Nantinya, ide bisnis dan hasil inovasi yang terpilih akan dikaji dan dibahas lebih lanjut untuk dipastikan telah memenuhi prasyarat yang ditentukan sebelum dikomersialisasikan sebagai layanan untuk kebutuhan pelanggan secara berkelanjutan atau diterapkan di perusahaan sebagai percepatan proses atau efisiensi biaya. Komitmen ini sejalan dengan strategi PT SUCOFINDO sebagai Digital Testing Inspection, and Certification (TIC) Company. 

Lebih lanjut Mas Wigrantoro menambahkan bahwa festival inovasi ini merupakan bagian dari impelementasi nilai AKHLAK khususnya pada nilai Adaptif dan Kolaboratif.

Mas Wigrantoro menjelaskan, dengan adaptif dan kolaboratif pihaknya mampu menjawab tantangan dan sesuai dengan tema yang diangkat tahun ini adalah “Trough Collaboration We Can Innovate to Go Infinity and Beyond!

Proses kurasi hasil inovasi dan ide bisnis telah dilakukan sejak 13 September 2022 dan terpilih 10 finalis inovasi dan 10 finalis ide bisnis. Selanjutnya, finalis ide bisnis berkesempatan untuk mempresentasikan karyanya di depan dewan juri secara daring, sedangkan finalis inovasi mempresentasikan karyanya secara offline. Selain itu, para peserta diwajibkan menampilkan karyanya dalam booth display, baik secara fisik maupun virtual.

Selanjutnya, para finalis terpilih 3 pemenang untuk ide bisnis (juara 1-3), sedangkan untuk inovasi terpilih 2 tim, untuk juara 1 dan 2, kategori inovasi produk/ jasa, 2 tim proses layanan/ operasi, serta 2 tim untuk proses / layanan support yang diumumkan pada HUT ke-66 PT SUCOFINDO.

Juri dalam event ini dinilai langsung oleh seluruh jajaran Direksi PT SUCOFINDO, serta 2 juri eksternal, yaitu Direktur Utama PT Balai Pustaka Achmad Fachrodji dan Direktur Operasi PT Medco Energi Mining International Tbk. FH. Kristiono.

Untuk lomba inovasi Mas Wigrantoro menyampaikan untuk memberikan kesempatan para pemenang untuk benchmarking ke digital company di Singapura.

Diharapkan dengan kunjungan ke Singapura mampu menjadi referensi dan meningkatkan talenta digital dengan kapasitas global.

Dalam upaya memulihkan ekonomi Nasional, PT SUCOFINDO melalui peranannya sebagai BUMN Jasa Survei berkomitmen memberikan pelayanan yang berkelanjutan, dengan terus melakukan transformasi bisnis berbasis teknologi informasi, mencetak beragam inovasi bisnis berbasis digital, dan mengukuhkan diri sebagai Digital TIC (Testing, Inspection, and Certification) Company.

Bentuk komitmen ini menurut Mas Wigrantoro sejalan dalam pencapaian visi dan misi SUCOFINDO, khususnya mampu menciptakan nilai ekonomi kepada para pemangku kepentingan melalui layanan jasa inspeksi, pengujian, sertifikasi, konsultansi serta jasa terkait lainnya untuk menjamin kepastian berusaha.

Baca juga:

SUCOFINDO Tanam 1066 Pohon Jenis Hutan Produktif di Bogor