Tiba di Sharm El Sheikh, Wapres Siap Hadiri KTT Perubahan Iklim COP27

0
57
Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin beserta Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin telah tiba di Sharm El Sheikh, Republik Arab Mesir, pada Minggu malam (06/07/2022) untuk menghadiri rangkaian kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perubahan Iklim PBB atau Conference of the Parties (COP) ke-27. (Foto: BPMI Setwapres)

(Vibizmedia – Sharm El Sheikh) Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin beserta Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin telah tiba di Sharm El Sheikh, Republik Arab Mesir, pada Minggu malam (06/07/2022) untuk menghadiri rangkaian kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perubahan Iklim PBB atau Conference of the Parties (COP) ke-27.

Wapres dan rombongan mendarat di Bandara Internasional Sharm El Sheikh sekitar pukul 18.30 waktu setempat, setelah menempuh penerbangan dari Kairo. Tampak menyambut kedatangan Wapres di tangga pesawat, Menteri Kerja Sama Internasional Mesir Rania Al-Mashat, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya Bakar, serta Atase Pertahanan RI di Mesir Aria Sanggita Saleh.

Pada keesokan harinya, Senin (07/11/2022), Wapres akan mewakili Presiden Joko Widodo menghadiri Pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perubahan Iklim PBB atau Conference of the Parties (COP) ke-27 di Sharm El Sheikh International Convention Center.

Tidak hanya itu, usai menghadiri pembukaan KTT, Wapres juga dijadwalkan menyampaikan pidato pada agenda High Level Segment. Pada acara ini, seluruh kepala negara/pemerintahan diberikan kesempatan menyampaikan pidato, termasuk Wapres yang memperoleh urutan ke-33 setelah Wapres Kuwait.

Sebagai informasi, KTT Perubahan Iklim sebelumnya, yakni COP26 diselenggarakan pada 31 Oktober-12 November 2021 di Glasgow, Skotlandia, dengan mengangkat tema “Leading Action Together Climate”. Adapun Inggris bertindak sebagai Presiden dan Italia sebagai mitra penyelenggara selama periode 2020-2021. Pada KTT ini, Presiden Jokowi hadir langsung dan memberikan pidato pada World Leaders Summit on Forest and Land Use.

Selain Ibu Wury Ma’ruf Amin, turut mendampingi Wapres pada kunjungan kerja ke Sharm El Sheikh, di antaranya Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Suprayoga Hadi, Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Abdul Kadir Jailani, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wapres Bidang Umum Masykuri Abdillah, Acting Kepala Protokol Negara/Direktur Konsuler, Kementerian Luar Negeri Simon Djatwoko Irwantoro Soekarno, serta Kepala Baznas Noor Ahmad.