Bersama 8 Bank, PLN Tandatangani Mandate Letter Senilai USD750 Juta Untuk Transisi Energi di Indonesia

0
85

(Vibizmedia – Nusa Dua) Mandate Letter senilai USD 750 juta dari delapan bank internasional dan multinasional telah ditandangani  PT PLN (Persero) untuk mendukung sejumlah proyek transisi energi hijau yang bakal digarap perseroan.

Direktur Keuangan PLN Sinthya Roesly bersama dengan delapan pimpinan bank internasional dan multinasional menandatangani Mandat pembiayaan hijau ini,  disaksikan langsung oleh Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dalam rangkaian acara Energy Transition Day di Nusa Dua, Bali, Selasa  lalu (1/11).

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, PLN melakukan sejumlah inisiatif dalam mendukung agenda dekarbonisasi. Salah satunya adalah memensiunkan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) dan gencar membangun pembangkit energi baru terbarukan (EBT). Dalam menjalankan proyek mengejar target carbon neutral  PLN menyambut dukungan internasional dari sisi pembiayaan.

Darmawan menyatakan, pihaknya  berencana menggunakan sepenuhnya pembiayaan ini untuk mendukung pembangunan  program-program berbasis EBT.

Darmawan menjelaskan dukungan internasional dan kolaborasi diperlukan dalam mendukung misi PLN dalam upaya menyukseskan transisi energi di Indonesia.

Ia meneruskan, hal ini membuktikan bahwa PLN mendapat kepercayaan dan dukungan dari kreditur dan investor internasional sehingga PLN mendapatkan pembiayaan dengan pricing yang kompetitif seperti ini di tengah situasi pasar dan ekonomi yang penuh dengan ketidakpastian dan volatile.

Baca juga:

PLN Perkuat Jaringan Transmisi di Bali Untuk Menjamin Pasokan Andal Selama KTT G20