Pengembangan Desa Wisata Didukung Infrastruktur Konektivitas dan Sarana Hunian Wisata

0
72

(Vibizmedia – Jakarta ) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar acara Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, Minggu (30/10/2022).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono turut hadir dan  turut serta menyerahkan piala penghargaan untuk para pemenang kategori Desa Wisata Berkembang.

Menteri Basuki memberikan ucapan selamat kepada para penerima penghargaan, dengan harapan agar bisa menjadi promosi bagi desanya untuk dikunjungi. Karena begitu dikunjungi, maka pastilah kesejahteraan masyarakat desanya akan meningkat.

ADWI merupakan ajang apresiasi atas keberhasilan dalam mengembangkan desa wisata yang berkelanjutan, berdaya saing global, dan berkelas dunia. Menparekraf Sandiaga Uno menyatakan, desa wisata merupakan bagian dari pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Kementerian PUPR senantiasa mendukung pengembangan sektor pariwisata nasional, diantaranya melalui program pengembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), penataan kawasan terpadu di 514 kabupaten/kota, pembangunan dan peningkatan kualitas sarana hunian wisata (Sarhunta) atau homestay, dan sebagainya.

Untuk ke depannya, Menteri Basuki mengatakan Kementerian PUPR akan meningkatkan pembangunan jalan daerah untuk mendukung konektivitas pariwisata daerah. Diketahui, selama ini Kementerian PUPR hanya berwenang untuk menangani jalan nasional dan jalan tol. Sedangkan, jalan daerah baik jalan provinsi, jalan kabupaten, jalan kota, maupun jalan desa merupakan kewenangan Pemerintah Daerah setempat.

Menteri Basuki mengungkapkan saat ini tengah disiapkan Instruksi Presiden (Inpres) tentang Jalan Daerah yang rencananya akan diprogramkan pada tahun anggaran 2023. Dengan adanya Inpres tersebut, Kementerian PUPR akan mampu secara langsung menangani jalan daerah.

Menteri Basuki menyatakan,  kalau sudah dianggarkan, nanti akan kita dilihat ruas-ruas jalan daerah mana yang menjadi prioritas. Harapannya, setelah didukung konektivitasnya, maka capaian desa wisata ini menjadi lebih baik ke depannya.

Turut hadir Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi, serta para Kepala Daerah maupun perwakilannya dari sejumlah provinsi/kabupaten/kota.

Baca juga:

Delegasi G20 Kebudayaan Belajar Membatik dan Bermain Gamelan di Desa Wisata Karangrejo