Pesona Kuang Si Waterfall, Indahnya Air Terjun Bertingkat di Luang Prabang, Laos

0
119
Kuang Si Waterfall, Air Terjun Bertingkat yang Indah dan Langka (Foto: Kemen BUMN)

(Vibizmedia – Gaya Hidup)  Siapa yang menyangka bahwa  Laos menyimpan keindahan alam yang istimewa, yaitu Air Terjun Kuang Si yang terkenal karena unik dan teramat  indah di Provinsi Luang Prabang. Destinasi wisata ini tidak boleh dilewatkan jika mengunjungi Laos.

Untuk mengunjungi Kuang Si Waterfall, Anda bisa memilih untuk menginap di hotel di Kota Luang Prabang. Dari sana bisa menyewa Tuk Tuk dengan tarif mulai dari 350.000 KIP (sekitar Rp. 315.000,-) untuk perjalanan pulang pergi  menuju ke Kuang Si Water Fall Park. Harganya masih terbilang ekonomis karena kndaraan Tuk Tuk ini cukup luas dan muat hingga 6 orang.  Perjalanan dengan Tuk Tuk memakan waktu sekitar 1 jam menempuh jarak yang lumayan jauh,sekitar 30 KM.

Di area parkiran cukup banyak warung yang berjualan makanan dan minuman dengan harga terjangkau. Dari tempat ini bisa menuju tempat pembelian tiket masuk seharga 25.000 KIP (sekitar Rp.22.000,- per orang). Selanjutnya bisa langsung menuju Electric Car atau taxi-taxi (bentuknya seperti golf car) yang disediakan untuk membawa pengunjung masuk ke gerbang Kuang Si Water Fall Park.  Di gerbang ini juga banyak warung berjualan makanan, minuman, buah-buahan dan souvenir. Pengunjung diperbolehkan membawa makanan atau minuman ke dalam, asal selalu menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya.

Dari area gerbang masuk  ada 2 jalur yang bisa dipilih. Pertama, jalur utama sebelah kiri (Way to Main Waterfall) adalah jalur aspal menanjak yang akan membawa kita langsung bertemu dengan puncak air terjun Kuang Si dalam waktu sekitar 20 menit. Jalur ini akan membawa kita melewati rindangnya berbagai jenis pepohonan khas tropis.  Udaranya sangat sejuk dan teduh karena banyaknya pepohonan di sekeliling.

Sedangkan jalur satunya di sebelah kanan adalah Walking Trail, jalur jalan tanah berbatu yang lebih landai untuk menyusuri aliran air terjun. Pengunjung bisa memilih salah satu jalur saat masuk dan saat pulang nantinya bisa mengambil jalur lainnya. Sehingga pengunjung bisa menikmati semua pemandangan di area Kuang Si kurang lebih dalam waktu 1 – 2 jam.

Air Terjun Bertingkat yang Indah  dan Langka

Kuang Si Waterfall Park ini terkenal dengan keindahan air terjun bertingkat mulai dari puncaknya yang memiliki ketinggian 50 meter, lalu terus mengalir ke serangkaian kolam dangkal sebelum  pada akhirnya mengalir ke hilir sungai hutan. Tiap-tiap tingkatan aliran air ini memiliki keunikan dan keindahannya tersendiri.

Pengunjung akan sangat tergoda untuk berhenti di tiap titik untuk berfoto atau sekedar menikmati keindahan alam yang terbentuk secara alami ini. Bahkan  juga diijinkan untuk berenang, namun hanya di tempat yang airnya tenang. Di beberapa titik aliran air yang deras atau tingkatan yang cukup tinggi selalu ada papan peringatan untuk jangan berenang karena berbahaya.

Uniknya, sekalipun Kuang Si ini adalah aliran sungai, namun warna airnya sangat indah, biru kehijauan di musim kemarau dan hijau kecoklatan di saat musim penghujan. Kalau kita datang di saat musim penghujan, maka jalur yang kita lewati cukup banyak yang terendam dan aliran air lebih deras  karena volume air yang meningkat.

Saat menyusuri jalur walking trail, pengunjung juga akan menemui beberapa jenis tanaman langka yang dilestarikan, ada papan nama yang menjelaskan nama latin juga ciri dan manfaat dari jenis tanaman tersebut. Selain itu juga bisa mengunjungi konservasi beruang hitam yang ada di dalam Kuang Si Waterfall Park ini.