Kerja Sama Indonesia-Austria Disepakati Untuk Lakukan Pelatihan Vokasi dan Pelatihan Berbasis Kerja

0
59

(Vibizmedia – Jakarta) Kesepakatan telah dicapai antara Pemerintah Indonesia (Pemri) dengan Pemerintah Austria untuk menjalin kerja sama ketenagakerjaan, dalam rangka memperkuat pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

Telah ditanda tangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) Kerja Sama Pelatihan Vokasi dan Pelatihan Berbasis Kerja  oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI dan Kementerian Federal Tenaga Kerja dan Ekonomi Austria pada tanggal 10 November 2022.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Austria, atas penandatanganan kesepakatan yang merefleksikan komitmen bersama memperkuat pembangunan SDM.

Penandatanganan MOU RI-Austria dilakukan di Jakarta, Indonesia, oleh Menaker RI, Ida Fauziyah dan Menteri Federal Austria untuk Ekonomi dan Tenaga Kerja, Martin Kocher.

MOU menjadi payung pengembangan kerja sama bidang ketenagakerjaan, yang meliputi pelatihan vokasi dan prakarsa penempatan pekerja terampil Indonesia melalui pemagangan di Austria.

Penandatanganan dilakukan setelah pertemuan bilateral antara Menteri RI dan Austria yang membahas berbagai upaya peningkatan kerja sama bidang ketenagakerjaan kedua negara.

Pemerintah Austria juga telah memberikan bantuan peningkatan kompetensi tenaga kerja melalui pembangunan Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) di 4 (empat) lokasi yaitu BBPVP Medan, BBPVP Serang, BBPVP Makassar dan BBPVP Banyuwangi.

Keempat Balai Pelatihan tersebut dibangun melalui skema pinjaman lunak dari Pemerintah Austria. BBVP diharapkan mencetak tenaga kerja terampil dengan berbagai kejuruan yang dikembangkan yaitu tourism, hospitality, joinery, welding, electrical, marine engine, metal working, dan wood-glass fiber working.

Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Jokowi untuk meningkatkan dan menyiapkan SDM yang unggul, maju, terampil dan berdaya saing internasional.

Baca juga:

Pasar Terkenal di Wina Austria Naschmarkt