Presiden Jokowi Berharap G20 Jadi Katalis Pemulihan Ekonomi Inklusif

0
97
G20
Presiden Joko Widodo membuka Konferensi Tingkat Tinggi G20 di di Hotel Apurva Kempinski Bali, Kabupaten Badung, pada Selasa, 15 November 2022. FOTO: BIRO PERS SETPRES

(Vibizmedia-Nasional) Presiden Joko Widodo secara resmi membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 dengan mengetuk palu sebanyak empat kali, di The Apurva Kempinski Bali, Kabupaten Badung, Bali, Selasa, 15 November 2022.

“Hari ini saya nyatakan KTT G20 dibuka. Selamat datang di Bali, selamat datang di Indonesia,” ujar Presiden Jokowi membuka KTT.

Presiden menyampaikan Indonesia merasa terhormat dapat memegang presidensi G20 di tahun 2022 ini.

“Merupakan kehormatan bagi Indonesia menjadi tuan rumah KTT G20,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo berharap KTT G20 mampu menjadi katalis pemulihan ekonomi yang inklusif. Untuk itu, dirinya mengatakan G20 akan terus bekerja untuk bisa menghasilkan capaian yang konkret di tengah situasi sulit ini.

Beberapa hal yang akan dilakukan dalam agenda akbar tersebut, yaitu rencana mempersiapkan dana untuk menghadapi pandemi mendatang melalui pandemic fund, kemudian membantu ruang fiskal negara berpendapatan rendah melalui resilience and sustainability trust.

Selain itu, KTT G20 tersebut juga berencana mendorong percepatan pencapaian SDGs, menghasilkan ratusan kerja sama konkret, serta mendukung pemulihan ekonomi dunia yang lebih hijau dan berkelanjutan melalui Bali Compact mengenai transisi energi.

“Kita tidak hanya bicara, tapi melakukan langkah-langkah nyata. Akhir kata, mari kita perlihatkan kepada dunia bahwa kita dapat bersikap bijak, memikul tanggung jawab, dan menunjukkan jiwa kepemimpinan. Mari kita bekerja, dan mari kita bekerja sama untuk dunia. Recover together, recover stronger,” tegas Jokowi.