Revitalisasi TMII Sudah Rampung, Wajah Baru TMII Siap Dinikmati

0
85
Wajah baru Taman Mini Indonesia Indah (Foto: Twitter Kementerian BUMN)

(Vibizmedia – Jakarta)Sejak Januari 2022 telah dilakukan proses revitalisasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan telah dinyatakan rampung.

Pengerjaan revitalisasi dikerjakan berkat kerjasama dari beberapa pihak, seperti TWC Borobudur Prambanan dan Ratu Boko yang berperan melalui visi Indonesia Opera menjadikan TMII sebagai The Showcase of Indonesian Beauty.

Selain itu, BUMN Konstruksi PT Brantas Abipraya (Persero) juga berperan dalam proses revitalisasi bangunan kawasan TMII, meliputi area gedung utama, renovasi joglo (Sasono Utomo, Sasono Langen Budoyo, dan Sasono Adiguno); museum, penataan lanskap anjungan dan pedestrian, penataan outer ring (halte), area parkir, & gedung pengelola; penataan lanskap pulau-pulau di danau Archipelago; renovasi eks Theater Garuda, eks Museum Telkom & Keong Emas; Lanskap Pedestrian Anjungan, Viewing Tower, Pembangunan Community Center & Struktur Parkir (Elevated)

Sementara stakeholder lainnya, yakni Kementerian Sekretaris Negara, Kementerian PUPR dan Kementerian BUMN turut menggandeng Kementerian Dalam Negeri untuk mengakselerasi revitalisasi di tiap Anjungan Daerah yang dimiliki Pemerintah Provinsi.

Proyek revitalisasi yang dilaksanakan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 116 Tahun 2021 ini pun mengusung konsep empat pilar bisnis utama, yaitu Inclusive, Green, Smart and Culture, terdiri dari 70 persen zona hijau dan 30 persen bangunan.

Nantinya, pada 20 November 2022 mendatang, TMII akan dibuka secara terbatas untuk pengunjung umum. Sementara uji coba bersama media dan stakeholder lainnya dilaksanakan pada tanggal 16-19 November 2022 untuk memastikan kesiapan sarana & prasarana.

Wajah baru TMII dapat segera dinikmati dengan  melakukan pembelian tiket secara online melalui website http://tamanmini.com .

Taman Mini Indonesia Indah (Foto: Twitter Kementerian BUMN)

Baca juga:

Tinjau Revitalisasi TMII, Presiden Jokowi: Akhir Tahun 2022 Bisa Dinikmati Masyarakat