Ruas Jalan Cianjur-Cipanas Sudah Terbuka Kembali Siang Ini

0
180
Gempa Bumi Cianjur
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau lokasi longsor akibat gempa di Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jabar, Senin, 21 November 2022 malam. FOTO: PUPR

(Vibizmedia-Nasional) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono langsung meninjau lokasi longsor akibat gempa di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, pada Senin, 21 November 2022 pukul 21.45 WIB. Basuki memfokuskan penanganan dilakukan dengan ekskavator dan dump truck yang sudah berada di lapangan untuk terus membersihkan pohon dan tanah longsoran yang menutup jalan pada ruas Cipanas – Cianjur.

“Hingga pukul 01.45 WIB, Selasa, 22 November 2022, total alat berat bekerja dari 2 sisi yang berbeda (sisi Cianjur di bagian Selatan dan sisi Cipanas di bagian Utara) adalah 6 unit ekskavator dan 6 unit dump trucks,” ujarnya.

Basuki memperkirakan pembersihan longsoran pada badan jalan dapat diselesaikan pada Selasa (22/11/2022) siang sehingga ruas jalan Cianjur – Cipanas dapat terbuka kembali.

Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja menyampaikan ruas jalan yang tertutup longsoran tanah sudah berhasil ditembus.

“Ruas yang tertutup longsoran tanah dari tebing sepanjang 140 meter di 2 titik sudah bisa kita tembus pagi ini jam 08.00 WIB. Sekarang fokus kita pada pembersihan ruas jalan agar bisa dilalui dari 2 arah, serta evakuasi jenazah yang ditemukan tertimbun longsoran,” ujar Endra dalam keterangan tertulisnya, pada Selasa, 22 November 2022.

Endra berharap kembali terbukanya ruas jalan tersebut dapat memperlancar mobilitas logistik ke daerah bencana.

“Kita harapkan mobilisasi bantuan obat-obatan, tenaga medis, bahan pangan (makanan/minuman) dan sandang (baju/selimut/sarung/dll) dapat menjadi lebih lancar,” kata Endra.

Sebagai informasi, Kementerian PUPR dalam penanganan tanggap darurat pascagempa di Cianjur telah mengerahkan 6 hidran umum, 4 mobil tangki air, serta 6 toilet portable yang juga sudah difungsikan di tenda-tenda pengungsian darurat, terutama di sekitar Pendopo Bupati dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cianjur.