Berhenti Sejenak, Presiden Pastikan Alat Berat Mulai Dimobilisasi untuk Evakuasi Korban Bencana

0
63
Gempa Kabupaten Cianjur
Presiden Joko Widodo berhenti di SDN Cugenang yang merupakan lokasi terdampak gempa terparah, pada Kamis, 24 November 2022. FOTO: BIRO PERS SETPRES

(Vibizmedia-Nasional) Rangkaian kendaraan Presiden Joko Widodo berhenti di SDN Cugenang yang merupakan lokasi terdampak gempa terparah. Hal ini dilakukan Presiden dalam perjalanan kembali ke Istana Kepresidenan Bogor, pada Kamis, 24 November 2022, karena ingin memastikan mobilisasi alat berat untuk melakukan evakuasi korban bencana.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono yang berada satu mobil dengan Presiden menyampaikan bahwa semula dirinya hanya melaporkan bahwa alat berat telah siap dimobilisasi.

“Tapi Bapak Presiden minta kita berhenti di lokasi karena beliau ingin melihat langsung dan memastikan bahwa alat berat mulai dimobilisasi,” kata Basuki.

Basuki menyampaikan bahwa korban yang diperkirakan tertimbun menjadi perhatian Presiden. “Sejak diinformasikan ada korban yang tertimbun longsor, Bapak Presiden memerintahkan kami agar evakuasi korban di Cugenang ini menjadi prioritas utama,” ucap Basuki.

Pergerakan alat berat tersebut, ucap Basuki, tidak dapat bergerak lurus menuju lokasi longsoran sehingga harus berputar untuk menghidari kondisi tanah yang tidak stabil.

“Sore hari nanti, alat berat sudah dapat mencapai lokasi longsoran,” kata Basuki.