Event Internasional Sail Tidore XII 2022 Resmi Dibuka Menpora

0
52
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali membuka Event internasional Sail Tidore XII Tahun 2022 (Foto: Kemenpora)

(Vibizmedia – Tidore) Event internasional Sail Tidore XII Tahun 2022 telah dibuka secara resmi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali.  Menpora Amali berharap melalui kegiatan internasional ini bisa mengajak masyarakat dunia  melihat keindahan Indonesia.

Menpora Amali menilai pelaksanaan Sail Tidore akan membuat mata dunia tertuju pada Tidore, Maluku Utara dan Indonesia.

Saat membuka pelaksanaan Sail Tidore 2022 di Pantai Tugulufa, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, seperti dilansir Kemenpora, Kamis (24/11/2022), Menpora Amali  menyampaikan, event ini telah terpublikasi secara luas hingga ke dunia, terutama di tempat-tempat yang ada kesamaannya dengan Tidore, sehingga masyarakat dunia akan terbuka melihat keindahan Indonesia, Maluku Utara dan Tidore.

Rangkaian Acara Sail Tidore 2022 sendiri dilaksanakan mulai daril 24 hingga 29 November 2022, terdiri dari kegiatan-kegiatan seperti kompetisi foto bawah air, olahraga bahari, festival Moloku Kie Raha (mengacu kepada empat penguasa daerah di Maluku yang disebut kolano: Ternate, Tidore, Bacan, dan Jailolo),  pelayaran lingkar nusantara, pameran lokal, pameran nasional, diplomatic tour, bakti kesehatan hingga pentas seni dan budaya.

Pelaksanaan kegiatan internasional seperti Sail Tidore itu, lanjut Menpora Amali, menjadi tanda kehebatan provinsi dan kota tersebut yang mampu melaksanakannya dengan baik, sehingga harus ada kerjasama yang baik pula.

Menpora menyatakan, jika para tamu yang datang merasa nyaman dan aman, mereka pasti akan datang kembali. Masyarakat Tidore sangat menentukan kesuksesan Sail Tidore 2022 ini. Kerja keras pemerintah provinsi, kota dan forkompinda harus juga di dukung masyarakat.

Ia menambahkan, tujuan akhir dari kegiatan Sail Tidore adalah kembalinya para peserta yang telah datang untuk berulang lagi datang ke Tidore. Terlebih karena kota ini telah berkali-kali mendapatkan penghargaan Adipura. Aspek penilaian Adipura itu termasuk juga aspek masyarakatnya.

Menpora Amali terlihat antusias dan nyaman berada di Kota Tidore. Menurutnya, masyarakat Tidore benar-benar ramah.

Ia menyatakan begitu senang dan bangga berada di tengah masyarakat yang sangat ramah dan  merasa nyaman di Kota Tidore. Usai sambutannya,  Menpora menyatakan Sail Tidore 2022 resmi dibuka dengan melakukan pemukulan tifa bersama.

Turut hadir pada pembukaan Sail Tidore 2022 ini, Sultan Tidore Husain Alting Syah, Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba, Dirut Bank Mandiri Darmawan Junaidi, Walikota Tidore Ali Ibrahim,  Pangdam 16 Patimura, Forkompinda Prov. Maluku Utara, perwakilan dari Kemenko Marinves, dari Kasubbid Kelautan dan Perikanan Kemendagri, para bupati dan walikota se-Maluku Utara.

Baca juga:

Kota Rempah Jadi Branding Ternate Tingkatkan Nilai Ekonomi