Para Duta Besar ASEAN Berbicara di Kuliah Umum di El Colegio de Mexico

0
82
Foto: Kemenlu

(Vibizmedia – Mexico City)  Sebagai Ketua ASEAN Committee in Mexico City (ACMC) Duta Besar Indonesia membuka kegiatan kuliah umum mengenai ASEAN dengan tema “Why Should We Look at Southeast Asia” di El Colegio de Mexico (Colmex) (23/11).  Diselenggarakan secara hybrid, kegiatan ini terwujud sebagai bentuk kerja sama dengan  Pusat Studi Asia dan Afrika – Colmex.

Kuliah umum mengenai ASEAN dengan tema “Why Should We Look at Southeast Asia” di El Colegio de Mexico (Colmex) (23/11) (Foto: Kemenlu)

Selain Indonesia, para Duta Besar Perwakilan Negara ASEAN di Mexico yakni Filipina, Malaysia, Thailand, dan Vietnam menyampaikan perkembangan mengenai ASEAN di bidang politik keamanan, ekonomi dan sosial.  Selain itu juga hadir para pembicara yakni Dosen dan mahasiswa dari Colmex dan Universitas Colima yang menyampaikan presentasi berbagai isu terkait Asia Tenggara dan konsep mengenai ASEAN dan Amerika Latin. Para pembicara menyampaikan mengenai karakteristik kedua wilayah dan kemungkinan peningkatan kerja sama.

Dubes RI juga menyampaikan bahwa saat ini Indonesia menjadi Ketua ASEAN hingga akhir tahun 2023 dengan tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”. Untuk itu Indonesia akan terus menjaga kawasan ASEAN yang stabil, mendorong Masyarakat ASEAN yang lebih sejahtera, memperkuat ASEAN dalam menghadapi tantantangan ke depan, serta meningkatkan ketangguhan kawasan. Hal ini tentunya dilakukan bekerja sama dengan mitra eksternal ASEAN, termasuk Meksiko.

Kegiatan ini diharapkan dapat dilaksanakan kembali secara regular untuk meningkatkan awareness masyarakat, khususnya para mahasiswa dan akademisi, mengenai potensi ASEAN.

Baca juga:

Presiden Jokowi Terima Palu dari PM Kamboja, Tanda Indonesia Jadi Ketua ASEAN Tahun 2023