SGN Bersama Perhutani Lakukan Agroforestri Tebu Mandiri untuk Swasembada Gula Nasional

0
86
Pelaksanaan Agroforestri Tebu Mandiri (ATM) Perhutani ini dihadiri Aris Toharisman, Direktur Utama PT SInergi Gula Nusantara (SGN), Asisten Deputi Perkebunan dan Kehutanan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Direktur Utama Perum Perhutani (Foto: Kementerian BUMN)

(Vibizmedia – Tegal) Telah berlangsung penanaman tebu Agroforestri Tebu Mandiri (ATM) di tiga titik Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) yakni KPH Balapulang,  BKPH Margasari di Tegal dan KPH Pemalang Jawa Tengah pada Kamis (24/11).

Pelaksanaan  Agroforestri Tebu Mandiri (ATM) Perhutani ini dihadiri Aris Toharisman, Direktur Utama PT Sinergi Gula Nusantara (SGN),  Asisten Deputi Perkebunan dan Kehutanan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Direktur Utama Perum Perhutani beserta jajaran.

Dirut SGN, Aris Toharisman, menyatakan pihaknya mendukung  pelaksanaan Agroforestri Tebu Mandiri (ATM) Perhutani ini.

Aris menyampaikan, pencapaian swasembada gula nasional membutuhkan kolaborasi semua pihak, salah satunya dengan Perhutani melalui program ATM. PT Sinergi Gula Nusantara (SGN) terus bersinergi dengan Perhutani dalam pengembangan ATM melalui pendampingan, penyediaan benih unggul dan dukungan teknis lainnya agar produktivitas ATM terus meningkat sehingga memenuhi kebutuhan bahan baku tebu yang berkualitas.

Pihaknya menambahkan bahwa pendampingan program ATM akan dilakukan oleh SGN melalui Pabrik Gula Pangkah dan diharapkan sebagai salah satu suplai bahan baku tebu di musim giling 2023 mendatang.

Rachman Ferry Isfianto Asisten Deputi Perkebunan dan Kehutanan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menambahkan, sinergi Perhutani dengan SGN PTPN Group melalui program ATM diharapkan memenuhi kebutuhan lahan tebu, agar kita bisa mencapai swasembada gula nasional ke depannya.

Direncanakan program Agroforestri Tebu Mandiri di KPH Balapulang seluas 410 hektar di BKPH Margasari dan BKPH Larangan. Hingga saat ini sudah dilakukan pekerjaan tanam tebu dilahan seluas 261 hektar dan seluas 149 hektar akan diselesaikan tanam akhir pada bulan Desember nanti.

Wahyu Kuncoro, Direktur Utama Perum Perhutani, menjelaskan, aroforestri tebu mandiri terus dilakukan di berbagai KPH Perhutani guna mendukung Pemerintah dalam mewujudkan swasembada gula.  Kebutuhan lahan tebu sejumlah sekitar 700 ribu hektar dan salah satunya akan dipenuhi dengan program ATM.

SGN yang merupakan konsolidasi dan integrasi bisnis gula Perkebunan Nusantara mengelola 36 Pabrik Gula di Indonesia, sebagai bagian dari program Pemerintah dalam mencapai swasembada gula konsumsi dan mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Baca juga:

Swasembada Gula, Jokowi: Kita Siapkan 700 Ribu Hektare Lahan Tebu