Jadikan Merauke sebagai Lumbung Pangan Nasional, Perlu Langkah Terpadu dari Hulu ke Hilir

0
91
Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin melakukan peninjauan dan menyapa para petani di Kampung Semangga Jaya, Distrik Semangga, Merauke, Provinsi Papua Selatan, Rabu (30/11/2022). (Foto: BPMI Setwapres)

(Vibizmedia- Merauke) Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin melakukan peninjauan dan menyapa para petani di Kampung Semangga Jaya, Distrik Semangga, Merauke, Provinsi Papua Selatan, Rabu (30/11/2022).

Pada kesempatan ini, Wapres menyampaikan bahwa Merauke memiliki sektor unggulan di bidang pangan. Sebab sektor pertanian, peternakan dan perikanan di Merauke memiliki banyak potensi. Oleh karena itu, untuk semakin memaksimalkan potensi ini, diperlukan langkah pengelolaan yang terpadu dari hulu ke hilir.

“Tekad kita bersama Merauke sebagai lumbung pangan nasional di Indonesia Timur. Untuk itu perlu langkah-langkah terpadu yang mencakup aspek pengelolaan pertanian dari hulu sampai ke hilir,” tutur Wapres.

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, untuk menghasilkan langkah terpadu ini, perlu keterlibatan antara pemangku kepentingan di jajaran struktural dengan masyarakat.

“Melibatkan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan kabupaten juga kelompok tani dan pihak-pihak lainnya,” tegas Wapres.

Dengan demikian, Wapres berharap, langkah yang dihasilkan dapat tepat sasaran, sesuai dengan saran dan kebutuhan serta dapat mengatasi kendala yang dialami oleh masyarakat setempat.

“Kita ingin maju, oleh karena itu kita juga harus juga mau menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi. Kita tidak mau bekerja biasa-biasa saja, kita perlu percepatan,” imbuh Wapres.

“Saya minta Pak Pj. Gubernur, Pak Bupati, dan dari Pak Wakil Menteri Dalam Negeri ini memperhatikan, mencatat itu semua. Saya akan minta langkah-langkah solusi konkret agar masuk nantinya masalah yang dihadapi itu dalam RPJMN 2023-2024,” tambahnya.

Menutup arahannya, Wapres pun memberikan motivasi kepada para petani yang hadir untuk terus semangat membangun Merauke, sehingga ke depan, daerah ini akan semakin maju dan menjadi daerah unggulan di tanah Papua.

“Mari kita terus meningkatkan produktivitas dan tetap menjaga alam dan lingkungannya,” imbau Wapres.

“Kalau kita sama tujuannya, gotong-royong, bahu membahu, saling mencintai satu sama lain, saya yakin Papua Selatan akan menjadi provinsi maju di tanah Papua,” pungkasnya.