Webinar “Generasi Muda PUPR Road to IKN”, Menjadikan IKN Sebagai Kesempatan

0
111
Webinar “Generasi Muda PUPR Road to IKN,” berlangsung pada Selasa (29/11/2022)(Foto: Kementerian PUPR)

(Vibizmedia – Jakarta) Telah terselenggara acara webinar untuk berbagi ilmu (sharing knowledge) dari para peserta pelatihan Strengthening The Capacity of Planning and Implementing Smart Cities di Korea Selatan guna mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Acara yang diadakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) ini  dikemas dalam webinar dengan tema “Generasi Muda PUPR Road to IKN,” pada Selasa (29/11/2022), sekaligus dalam rangka memperingati Hari Bakti PU ke-77 Tahun 2022.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meminta kepada Generasi Muda PUPR peserta webinar untuk mengambil intisari dan basic keilmuan tentang penerapan Smart City yang sudah didapat dari para peserta pelatihan di Korea Selatan, selanjutnya diimplementasikan dalam pembangunan IKN Nusantara di Kalimantan Timur.

Dalam sambutannya Menteri Basuki menyampaikan, pihaknya  sudah menyiiapkan 25 orang yang kemarin training di Korea Selatan. Di Korea Selatan sedang membangun eco delta smart city di Busan. Ia menghimbau mereka yang ikut training uituk membagikan  ilmunya dari Korea, sehingga semua bisa tahu. Jadi IKN ini adalah kesempatan bagi generasi muda untuk mengembangkan diri untuk engineer maupun non-engineer.

Menurut Menteri Basuki, mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan berkompeten dalam pembangunan IKN Nusantara menjadi prioritas Kementerian PUPR, mengingat infrastruktur merupakan hal utama yang harus disiapkan dalam pembangunan sebuah Ibu Kota Negara. Oleh karena itu, Menteri Basuki mendorong generasi muda, khususnya Generasi Muda PUPR untuk mengambil kesempatan belajar guna meningkatkan kompetensi bidang konstruksi dalam pembangunan IKN.

Menteri Basuki menegaskan kembali bahwa untuk Generasi Muda PUPR, IKN adalah kesempatan, baik secara teknis maupun non teknis. Secara teknis karena akan  membangun infrastruktur dengan teknologi baru. Ia mengarahkan agar anak-anak muda memanfaatkan IKN  menjadi training ground, karena sudah harus mulai tertarik sejak dari perencanaan.

Dikatakan Menteri Basuki, pembangunan IKN membutuhkan sumber daya manusia yang kompeten, yang memahami prinsip dasar membangun kota pintar, termasuk memiliki analisis yang tajam untuk berpikir tentang pemecahan masalah dalam pengembangan kota pintar.

Menteri Basuki menjelaskan, Ibu Kota Negara Nusantara didesain menjadi kota masa depan, atau istilah lainnya forest city atau smart city, yang berarti kota untuk generasi muda. Itulah sebabnya para generasi muda diharpakan memmanfaatkan kesempatan tersebut.

Kepala BPSDM Khalawi AH mengatakan bahwa legacy terbaik yang dapat ditinggalkan untuk generasi penerus dalam pembangunan IKN tidak hanya infrastruktur yang dibangun, namun berupa SDM yang kompeten dan handal. Generasi Muda PUPR diharapkan juga memiliki karakter yang berani, kuat, akhlakul karimah, dan berjiwa seni.

“Semoga pembangunan IKN akan berjalan sesuai rencana dan lancar, sesuai schedule dan Generasi Muda PUPR khususnya dapat berperan aktif dan bisa memanfaatkan ilmu yang banyak dalam pembangunan IKN,” kata Khalawi.

Acara webinar menghadirkan para narasumber dari Otoritas Ibu Kota Nusantara, Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Nusantara, dan Generasi Muda PUPR peserta pelatihan Strengthening The Capacity of Planning and Implementing Smart Cities di Korea Selatan.

Baca juga:

Presiden Tinjau Pembangunan Infrastruktur Dasar Pendukung KIPP IKN Nusantara