Cyber Monday, Pesta Belanja Online Terbesar di AS

0
733
Cyber Monday
Sejumlah paket di gudang Amazon di New Jersey siap untuk dikirimkan kepada para konsumen dalam edisi pesta belanja Cyber Monday pada 28 November 2022. (Foto: Reuters/Eduardo Munoz)

(Vibizmedia – International) Konsumen di Amerika Serikat beralih ke pesta belanja online dalam edisi Cyber Monday pada Senin (28/11) untuk mendapatkan lebih banyak diskon. Pesta diskon terus berlangsung setelah beberapa hari lalu pusat-pusat perbelanjaan dipenuhi pengunjung yang berbelanja Black Friday pada Jumat (25/11) lalu.

Cyber Monday memberikan diskon pada berbagai jenis barang yang harganya membengkak karena inflasi yang tinggi. Cyber Monday diperkirakan akan tetap menjadi hari belanja online terbesar tahun ini dengan hasil penjualan mencapai $11,6 miliar (sekitar Rp182,6 triliun), menurut Adobe Analytics, yang melacak transaksi di lebih dari 85 dari 100 toko online teratas di Amerika Serikat. Perkiraan itu lebih besar dari transaksi tahun lalu sebesar $10,7 miliar.

Angka-angka yang dirilis Adobe tidak disesuaikan dengan inflasi, tetapi perusahaan itu mengatakan jumlah permintaan tumbuh bahkan ketika inflasi diperhitungkan. Sebagian analis mengatakan nilai transaksi kotor tahun ini akan didorong oleh harga produk yang lebih tinggi meskipun jumlah barang yang dibeli konsumen tidak berubah – atau bahkan turun – dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Kemungkinan margin keuntungan juga tipis bagi para pedagang yang menawarkan diskon lebih besar untuk menarik konsumen – yang sangat berhat-hati dalam menghabiskan uangnya – dan untuk cuci gudang karena inventaris yang membengkak.

Pada pesta belanja Black Friday pekan lalu, konsumen menghabiskan $9,12 miliar, yang merupakan rekor belanja online pada Black Friday, naik 2,3 persen dari tahun lalu, menurut Adobe. Aktivitas e-commerce terus menguat selama akhir pekan dengan penjualan online senilai $9,55 miliar.

Salesforce, yang juga melacak aktivitas belanja online, mengatakan perkiraan mereka menunjukkan penjualan online di AS mencapai $15 miliar pada hari Jumat dan $17,2 miliar selama akhir pekan, dengan tingkat diskon rata-rata 30 persen untuk berbagai jenis produk.

Produk elektronik, pakaian, mainan dan barang-barang kesehatan dan kecantikan termasuk yang mendongkrak penjualan barang, kata kedua perusahaan itu.

Sumber: voaindonesia.com