Nge-Vlog dengan Nelayan, Wapres Puji Semangat Kerja Masyarakat Biak Numfor

0
82
Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin memenuhi permintaan dua nelayan, bernama Erkanus Binwasef dan Jackson Mansnembra untuk membuat video blogging (vlog) bersama, pada Jumat (02/12/2022). (Foto: BPMI Setwapres)

(Vibizmedia – Biak Numfor) Usai meresmikan pelepasan Ekspor Ikan Tuna Segar ke Jepang di Pelabuhan Pelindo IV, Biak Numfor, Papua, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin memenuhi permintaan dua nelayan, bernama Erkanus Binwasef dan Jackson Mansnembra untuk membuat video blogging (vlog) bersama, pada Jumat (02/12/2022).

Melalui rekaman video menggunakan telepon pintar (smart phone), Wapres mengungkapkan kekagumannya terhadap Kabupaten Biak Numfor yang memiliki pemandangan pantai yang indah, serta masyarakat yang ramah dan mempunyai semangat kerja tinggi.

“Pantainya indah dan juga masyarakatnya ramah-ramah, semangat kerjanya tinggi,” ucapnya.

Selain itu, menurut Wapres, kolaborasi antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat khususnya dalam pengembangan sektor kelautan di Biak Numfor terjalin sangat baik. Sehingga, ia berharap hal ini akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat, serta menyumbang banyak devisa negara.

“Kita harapkan daerah ini makin potensial, akan menghasilkan ikan-ikan yang besar, yang banyak, dan akan menyejahterakan masyarakat, [sehingga] pertumbuhan ekonomi akan terus berkembang, [dan] akan memberikan sumbangan devisa yang besar kepada negara,” harapnya.

Selanjutnya, mewakili para nelayan, Erkanus Binwasef mengucapkan terima kasih atas kunjungan Wapres ke Biak Numfor, serta pemberian bantuan kapal dan modal usaha untuk para nelayan.

“Pada kesempatan yang indah ini, kami menyampaikan terima kasih banyak karena bantuan pemerintah telah sampai kepada kami nelayan kecil,” ungkapnya.

Ia pun berjanji akan terus mengembangkan usahanya sebagaimana yang diamanatkan pemerintah dengan adanya bantuan-bantuan tersebut.

“Itulah yang dituntut pemerintah untuk masyarakat itu harus berusaha berkembang, sehingga harapan kami Bapak Wakil Presiden memberi dorongan atau memberi kekuatan bagi kami di dalam melaut,” harapnya.

Lebih lanjut, Erkanus menyampaikan pada Wapres bahwa para nelayan saat ini membutuhkan perlengkapan kapal khususnya bak penyimpanan ikan. Hal ini agar kualitas ikan-ikan hasil tangkapan para nelayan selalu terjaga dengan baik hingga ke daratan.

“Kami berharap supaya kapal ini dilengkapi karena kami juga membutuhkan ikan itu perlu perawatan yang bagus, sehingga kualitas dari ikan kami itu terjamin,” ujar Erkanus.

“Jangan sampai kami masyarakat dibilang oh ini ikannya nelayan kurang bagus, sehingga kami berharap bahwa kapal-kapal yang kurang lengkap ini harus dilengkapi dengan bak penampung ikan di atas,” imbuhnya.

Menanggapi permintaan ini, Wapres mengatakan bahwa hal tersebut akan diakomodasi melalui Badan Layanan Umum (BLU) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

“Semua kita dengar dan Pak Menteri KKP sudah akan menyiapkan BLU di sini untuk terus meningkatkan semua yang tadi dimintakan oleh para nelayan,” ujarnya.

Sebagai informasi, selain melepas Ekspor Ikan Tuna Segar ke Jepang, pada kesempatan ini Wapres juga menyerahkan bantuan Kapal 3GT, Perahu dan Motor Tempel, serta modal usaha untuk para nelayan di Biak Numfor.

Hadir bersama Wapres dalam vlog tersebut, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono.