Tidak Hanya Buka Kaca, Wapres Turun dari Mobil demi Sapa Anak-Anak Papua

0
89
Jumat (02/12/2022), di titik terakhir kunjungannya di Papua yakni di Biak Numfor, Wapres dan Ibu Wury turun dari mobil untuk menyapa ratusan anak sekolah yang berdiri berjajar di depan SD YPK IV Sburia Biak Kota, Kelurahan Swapodibo, Distrik Biak Kota, saat dirinya sedang dalam perjalananan dari Pantai Parai ke Pangkalan TNI AU Manuhua. (Foto: BPMI Setwapres)

(Vibizmedia – Biak Numfor) Selama lima hari sejak 28 November hingga 2 Desember 2022, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin dan Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin melakukan safari ke 4 provinsi dan 5 kabupaten di tanah Papua.

Adapun 4 provinsi yang disambangi Wapres dalam kunjungan kerja ini yaitu Papua, Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Barat. Sedangkan 5 daerah kabupaten yang dikunjungi yaitu Jayapura, Merauke, Mimika, Kaimana, dan Biak Numfor.

Pada tiap titik kunjungan, antusiasme sambutan masyarakat sangat luar biasa. Hal ini salah satunya terlihat dari barisan warga masyarakat termasuk anak-anak sekolah di sepanjang jalan yang dilewati Wapres.

Mereka rela berpanas-panasan dan berhujan-hujanan berdiri di pinggir jalan selama berjam-jam untuk menanti orang nomor dua di Republik ini lewat. Sembari melambaikan tangan dan banyak di antaranya juga mengibarkan bendera merah putih kecil, warga dan anak-anak sekolah ini bersahut-sahutan menyapa Wapres.

Sambutan luar biasa ini, tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi Wapres, sehingga pada beberapa titik ia tidak hanya membuka kaca mobil dan melambaikan tangan, tetapi juga keluar dari mobil untuk menyapa warga, khususnya anak-anak sekolah.

Seperti hari ini, Jumat (02/12/2022), di titik terakhir kunjungannya di Papua yakni di Biak Numfor, Wapres dan Ibu Wury turun dari mobil untuk menyapa ratusan anak sekolah yang berdiri berjajar di depan SD YPK IV Sburia Biak Kota, Kelurahan Swapodibo, Distrik Biak Kota, saat dirinya sedang dalam perjalananan dari Pantai Parai ke Pangkalan TNI AU Manuhua.

Sontak saja, ketika turun dari mobil, Wapres dan Ibu Wury langsung diserbu anak-anak sekolah yang ingin menyalaminya, hingga pasukan pengamanan pun terlihat kuwalahan menertibkan mereka. Dengan sabar, Wapres dan Ibu Wury menyalami tangan-tangan mungil anak-anak tersebut dan menyapa satu per satu dengan penuh kasih sayang. Tidak hanya itu, Wapres dan Ibu Wury juga memberi mereka cenderamata berupa tas sekolah.

Selama kunjungan yang disebut Wapres sebagai “tawaf” di wilayah Timur Indonesia ini, berbagai ragam cara masyarakat dan anak-anak sekolah dalam menyambut Wapres dipertunjukkan. Mulai dari melambaikan tangan, menarikan tarian adat Papua, mengenakan pakaian adat, memainkan drum band, hingga mengibarkan bendera merah putih di sepanjang jalan.

Mendapatkan sambutan luar biasa ini, Wapres pun dalam berbagai kesempatan mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada masyarakat Papua.

“Terima kasih atas sambutan yang meriah kemarin di jalan, saya disambut oleh masyarakat dari ujung ke ujung, terima kasih,” ucap Wapres saat melakukan pertemuan dengan jajaran pemerintah provinsi dan kabupaten, para raja, kepala suku, dan tokoh adat di wilayah Papua Barat di Kaimana Beach Hotel II, Kaimana, Papua Barat, Kamis (01/12/2022).