Bersih Lingkungan Warga Belanda

0
159
Bersih Lingkungan Warga Belanda
Truk Pengangkut sampah di daerah Zwolle Belanda (Foto: Tiarma Silalahi/Vibizmedia)

(Gaya Hidup – Vibizmedia) Tahukah anda negara mana di Eropa yang tergolong rapi dan bersih lingkungannya? Benar Negara Belanda. Belanda adalah salah satu negara Eropa yang terkenal akan kebersihan lingkungannya.

Tata ruangnya dikelola dengan baik. Negara yang wilayahnya cukup kecil ini tetap kelihatan luas dan lapang. Taman – taman publik, area pertanian dan hutan lindung ditata sedemikian rupa.

Bagian dari lingkungan yang berfungsi menyediakan ruang hijau dan udara bersih  selalu dapat ditemukan diantara perkampungan-perkampungan penduduk dan Kawasan – Kawasan urban.

Budaya bersih suatu bangsa terkait erat dengan kebiasaan masyarakat membuang sampah pada tempatnya. Masyarakat Belanda sudah memiliki perilaku yang sadar akan kebersihan. Sehingga mengumpulkan sampah secara teratur ditempat-tempat yang  disediakan sudah menjadi gaya hidup.

Ada alat pengangkut tong sampah memudahkan petugas bekerja (Foto: Tiarma Silalahi/Vibizmedia)

Setiap rumah, pemerintah menyediakan satu buah tong sampah besar. Tong itu harus di taruh di depan rumah sebelum jadwal pengambilan. Karena bentuknya seragam, tong itu dengan mudah diangkat oleh truk, dibalik, dan ditumpahkan isinya ke truk.

Petugas sampah hanya akan mengambil satu kali seminggu dengan. Di hari dan jam yang ditetapkan. Lewat jadwal, tumpukan sampah di rumah menjadi tanggungan sendiri.

Buang sampah rumah tangga di tong ini pun tidak bisa seenaknya. Itupun harus dimasukkan ke kantong sampah yang terbungkus rapat. Ada dua jenis warna orange dan hijau. Warna Orange sampah kertas dan plastic. Warna hijau tumbuhan dan masakan. Setiap minggu bergantian jenis sampah yang diambilnya.

Truk Pengambil sampah datang ke rumah – rumah (Foto: Tiarma Silalahi/Vibizmedia)

Sedangkan barang-barang seperti kertas, pakaian bekas, sepatu, pecah belah, bohlam harus dibuang di tempat khusus. Kita tidak perlu repot mencarinya. Pemerintah sudah menyediakan di berbagai tempat.

Benar, keberhasilan pemerintah dalam kebersihan lingkungan tidak terlepas dari kesadaran warga Belanda dapat patuh dengan aturan yang ada. Bagaimana dengan anda?