Capaian Pembangunan Perkeretaapian Indonesia di 2022

0
146
Perkeretaapian Indonesia
Capaian Pembangunan Perkeretaapian Indonesia di 2022 (Foto: Infopublik)

(Vibizmedia – Nasional) Capaian penting Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) di tahun 2022, salah satunya adalah pembangunan jalur kereta api (KA) Makassar-Parepare sepanjang 144 km.

Pada proyek pembangunan jalur KA pertama di Sulawesi Selatan ini, DJKA juga membangun tujuh stasiun baru di sepanjang jalur tersebut. Sudah dilakukan uji coba pengoperasian terbatas sejak bulan Oktober 2022.

Selain itu, DJKA juga melakukan modernisasi di beberapa stasiun KA di Jawa. Plt. Direktur Jenderal Perkeretaapian, Risal Wasal, pada Senin (12/12/2022), mengatakan: “Berkat dukungan masyarakat, tahun ini kami juga telah meresmikan modernisasi Stasiun Jatinegara, Stasiun Cikarang, pengoperasian jalur ganda Bogor-Sukabumi untuk ruas Bogor Paledang – Cicurug, serta pengoperasian Stasiun Matraman sebagai salah satu stasiun baru yang dibangun oleh DJKA.”

Bagi DJKA, tahun 2022 juga menjadi tahun yang penting, khususnya bagi pengembangan Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan. Sebab, pada tahun ini, telah dilakukan dua kali switch over sebagai rangkaian tahapan pembangunan di stasiun yang terletak di Jakarta Selatan ini. Meskipun sempat terjadi pro dan kontra selama pembangunan berlangsung, Risal optimis bahwa pengembangan Stasiun Manggarai akan membawa dampak positif bagi masyarakat.

“Kami memohon maaf jika selama pembangunan berlangsung, terdapat penyesuaian-penyesuaian yang menimbulkan ketidaknyamanan. Kami juga ingin berterima kasih atas kesabaran dan pengertian terhadap proses pembangunan yang berlangsung, insyaallah kenyamanan yang dikorbankan hari ini akan menuai hasil yang baik di kemudian hari ketika nanti pembangunan Stasiun Manggarai sepenuhnya selesai,” ujarnya.

Tahun 2022 ini DJKA telah berhasil menyelesaikan pembangunan jalur KA Tebing Tinggi – Kuala Tanjung untuk ruas Tebing Tinggi – Lalang. Pada 2 Desember 2022 lalu telah dilakukan soft launching KA Datuk Blambangan, yang akan melayani lintas Tebing Tinggi – Lalang.

Risal menambahkan, capaian pembangunan yang berhasil dilakukan DJKA di tahun ini diharapkan dapat membawa manfaat dan menjawab kebutuhan masyarakat.

“Khususnya dalam periode Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Kami berharap sarana dan prasarana kereta api yang sudah kami bangun dan operasikan, dapat membantu mobilisasi masyarakat selama menikmati masa berlibur bersama keluarga,” pungkasnya.