Mensos Risma Serahkan 8 Kunci Hunian Terdampak Badai Seroja

0
135
Bantuan Hunian
Menteri Sosial Tri Rismaharini. FOTO: KEMENSOS

(Vibizmedia-Nasional) Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Direktur Yayasan Kemanusiaan Kompas Antonius Tomy Trinugroho menyerahkan kunci hunian kepada warga penerima bantuan perumahaan terdampak Badai Seroja di Kelurahan Babau Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang.

Pembangunan delapan rumah ini berawal dari perjalanannya ke Wini awal tahun 2022. Kala itu, Risma tidak sengaja melihat masih ada masyarakat terdampak badai seroja yang belum tersentuh bantuan.

“Ternyata saat perjalanan di sana saya liat ada beberapa tenda yang masih berdiri dan saat itu dihuni oleh beberapa keluarga. Nah saat itu saya turun kemudian semua berhenti dan ikut melihat ini dan kemudian kita memutuskan selain Wini, kita juga tangani ini,” kata Risma dalam keterangannya, pada Selasa, 13 Desember 2022.

Risma kemudian menjajaki kerja sama dengan Yayasan Kemanusiaan Kompas untuk membangun hunian tersebut, sedangkan Kemensos membantu menyiapkan perabotan rumah.

Di hadapan warga, Risma mengajak masyarakat agar memanfaatkan rumah untuk membuka usaha. Hal ini mengingat lokasi rumah yang berada di pinggir jalan raya.

“Karna tepi jalan, jadi sayang kalau gak dimanfaatkan. Nanti kami bisa bantu kalau mau buka usaha, misalnya membuka toko kelontong,” ujar Risma.

Dalam penyerahan kunci tersebut, warga Taklale Kelurahan Babau Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang tak sanggup menahan haru. Mata mereka berkaca-kaca. Nasib pilu mereka diawali sejak amukan Badai Seroja yang menghantam hampir seluruh wilayah Nusa Tenggara Timur, tahun 2021 lalu. Badai telah menyapu rumah yang mereka tinggali.

Berkumpul dengan keluarga di rumah seperti dulu lagi, hanya ada dalam mimpi. Tak disangka, kini mimpi itu menjadi kenyataan. Siang tadi Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Direktur Yayasan Kemanusiaan Kompas Antonius Tomy Trinugroho hadir di tengah-tengah mereka menyerahkan kunci hunian.

“Kalau tidak ada bantuan ini, warga separuh mungkin masih di tenda. Kami ucapkan terima kasih kepada donatur (Kompas), Ibu Menteri, yang telah memperhatikan khusus kami,” ungkap salah satu warga penerima Yohanis Liwar.

Yohanis adalah salah satu dari warga penerima bantuan perumahan. Sebagai rasa terima kasihnya, ia bahkan secara khusus memberikan kain warna merah yang merupakan hadiah pernikahannya kepada Mensos Risma.

Sementara selaku perwakilan Kompas, Antonius mengungkap dana yang digunakan dalam pembangunan rumah tersebut berasal dari hasil donasi pembaca kompas. Kerja sama dengan Kemensos dilakukan pada bulan Juni 2022 dan bangunan dirampungkan enam bulan kemudian.

“Kami berterima kasih karena telah diberikan kesempatan untuk menyalurkan bantuan secara tepat sasaran dan tentunya ini tidak lepas dari inisiatif yang luar biasa dari Ibu Menteri,” ujarnya.

Sebagai informasi, dalam kesiapsiagaan bencana di NTT, Kementerian Sosial telah menyiapkan 15 titik lumbung sosial yang tersebar tidak hanya di kabupaten, tapi di beberapa desa dan daerah-daerah rawan.