Pusdalops: Sungai Bakah Meluap Rendam 170 Unit Rumah Warga Melawi

0
118
Banjir
Banjir di wilayah Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat. FOTO: BNPB

(Vibizmedia-Nasional) Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana melaporkan sampai dengan Rabu (14/12) pukul 06.00 WIB sebanyak 170 kepala keluarga terdampak dan 170 unit rumah warga yang berada di Desa Sungai Bakah, Kecamatan Pinoh Selatan terendam banjir dengan ketinggian muka air sekitar 20 hingga 50 centimeter.

Sebelumnya, banjir ini terjadi di wilayah Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat pada Senin (13/12) pukul 18.00 WIB dikarenakan hujan dengan intensitas tinggi yang menyebabkan debit air Sungai Bakah meluap dan menggenangi rumah warga.

Pada saat kejadian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Melawi langsung menuju lokasi terdampak untuk melakukan kaji cepat situasi, melakukan pendataan dan berkoordinasi dengan aparat setempat untuk menentukan penanganan lebih lanjut.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca untuk wilayah Kabupaten Melawi pada hari ini Rabu (14/12) dan Kamis (15/12) didominasi oleh cuaca hujan dengan intensitas ringan. Sementara itu berdasarkan Kajian inaRisk BNPB, wilayah Kabupaten Melawi merupakan wilayah dengan risiko banjir tingkat sedang hingga tinggi.

Untuk itu, BNPB mengimbau masyarakat dan pemerintah daerah untuk waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana hidrometeorologi basah, khususnya yang berada di wilayah rawan bencana, seperti masyarakat yang tinggal di sekitar daerah aliran sungai. Masyarakat yang tinggal di sekitar lereng dan dataran rendah, jika terjadi hujan lebih dari satu jam, kemudian jarak pandang kurang dari 100 meter sudah tidak dapat melihat dengan jelas, segera keluar rumah, tinggalkan tempat dan menjauh dari daerah sekitar aliran sungai dan lereng tebing.