Bandara Soetta Siap Hadapi Kesibukan Angkutan Nataru

0
129
Nataru

(Vibizmedia – Nasional) Bandara Soekarno – Hatta (Soetta) siap hadapi angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Saat ini telah dilakukan sejumlah persiapan untuk menghadapi periode peak season ini.

Direktur Operasi PT Angkasa Pura/AP II (persero), Muhamad Wasid, memperkirakan Bandara Soetta akan ada pergerakan penumpang sebanyak 1,38 juta orang, dan pergerakan pesawat sebanyak 10.052 penerbangan selama periode angkutan Nataru tahun ini.

“Oleh karena itu, sejumlah persiapan telah dilakukan untuk menghadapinya. Persiapan di Bandara Soetta di antaranya melalui program penyeimbangan kapasitas terminal, di mana dilakukan perpindahan operasional seluruh penerbangan internasional Lion Air Group dari Terminal 3 ke Terminal 2F mulai 16 Desember 2022 agar setiap terminal dapat optimal,” ujar Wasid dalam keterangan resminya, Minggu (18/12/2022).

Selanjutnya, Bandara Soetta juga memanfaatkan lounge umroh temporer di area GCC yang berlokasi dekat dengan Stasiun Kereta Bandara guna mendukung Terminal 3 dalam mengakomodir peningkatan penumpang.

Lounge umrah dibuka 18 Desember 2022, dilengkapi VIP room, reguler room, serta berbagai fasilitas seperti musholla, kafe dan kantin, sehingga dapat digunakan biro perjalanan umrah sebagai lokasi meeting point atau ruang tunggu bagi jemaah umrah.

Bandara Soetta juga diperkuat Airport Operation Control Center (AOCC) bagi stakeholder untuk mengatur operasional bandara dan penerbangan; Airport Infrastructure Control Center (AICC) untuk memonitor fasilitas bandara; serta Land Transportation Control Center (LTCC) guna memantau transportasi darat.

Bandara Soetta juga menghadirkan Thematic Decoration dan Thematic Event.

“Berbagai event disiapkan di Bandara Soetta yaitu choir, pertunjukan musik, Night Gala Tahun Baru hingga esport competition, dan event khusus Hari Ibu pada 22 Desember. Kami ingin penumpang pesawat merasa nyaman saat peak season,” jelas Rizal Pahlevi, Direktur Layanan dan Komersial AP II.

Terkait personel, AP II mensiagakan 6.231 personel saat angkutan Nataru, terdiri dari personel operasional (Aviation Security, Airport Rescue & Fire Fighting, Airport Movement Control, BKO TNI/Polri); personel pelayanan (customer service, terminal inspection service, digital service, dan sebagainya) serta teknik.

Sebagai upaya menjaga koordinasi para stakeholder, AP II mendirikan Posko Monitoring Natal dan Tahun Baru 2022/2023 di 20 bandara pada 19 Desember 2022 – 3 Januari 2023, termasuk di Bandara Soetta. Posko juga untuk memonitor data penerbangan real time untuk menjaga aspek keamanan, pelayanan dan kesehatan di tengah pandemi.