Pemerintah Anggarkan Dana Abadi Kebudayaan Hingga Rp 5 Triliun

0
125
Pemerintah Anggarkan Dana Abadi Kebudayaan Hingga Rp 5 Triliun
(Photo: Kemenkeu)

(Vibizmedia-Nasional) Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menghadiri pembukaan pameran seni rupa kontemporer bertajuk Artina, dimana pameran tersebut untuk pertama kalinya di gelar di Gedung Sarinah, Thamrin, Jakarta. Menteri Keuangan menyebut, bahwa melihat karya seni merupakan sebuah aktifitas meditasi spiritual yang dapat memberikan energi dan semangat baru yang positif.

“Seni buat saya adalah sebuah kenikmatan yang sekaligus juga membuat saya bisa menambah energi di dalam menjalankan berbagai tugas negara,” ungkap Menkeu, di Sarinah, Jumat (16/12).

Lebih lanjut, Menkeu mengatakan pemerintah telah membentuk dana abadi kebudayaan Indonesia yang untuk tahun ini sudah dialokasikan sebesar Rp 3 triliun dan tahun depan akan ada tambahan sebesar Rp 2 triliun, hingga total dana abadi kebudayaan sebesar Rp 5 triliun.

“Saya dengan bangga menyampaikan bahwa janji Bapak Presiden sudah terpenuhi. Jadi membentuk dana abadi untuk seluruh pendukung dan seluruh ide-ide kreatif untuk berbagai seni budaya sudah dibentuk sesuai dengan janji Bapak Presiden,” ungkapnya.

Menkeu menyebut, pameran karya seni ini merupakan suatu upaya yang sangat luar biasa sebagai wadah untuk menunjukan budaya dan seni Indonesia yang begitu kaya. Maka, ia berkomitmen untuk memberikan dukungan terhadap karya seni Indonesia dan melihat berbagai aspek lain yang dapat menunjang ekosistemnya.

“Tidak ada seni kalau tanpa ada apresiasi. Saya berharap Artina ini juga akan lebih banyak lagi komunitas yang mampu mengapresiasi hasil-hasil karya yang sungguh luar biasa. Tidak selalu baru tapi perspektif baru dan inovasi atau ide baru dari ide lama pun itu menurut saya adalah sebuah karya yang luar biasa. Ini menggambarkan manusia selama dia hidup dia selalu ingin berkarya. Karya adalah sama dengan hidup kita sendiri. Tanpa karya kita mati,” tukas Menkeu.

Sebagai penutup, Menkeu menyampaikan apresiasinya atas usaha dan kerja keras para seniman dan seluruh tim dalam pameran Artina yang membuat berbelanja di Sarinah menjadi lebih memanjakan mata dengan melihat keindahan Indonesia melalui karya-karya seni yang dipamerkan.

“Terima kasih terutama pada para seniman dan seniwati yang sudah memberikan karya terbaik dan terindahnya malam hari ini,” tutupnya.