Negeri Kincir Angin Belanda

0
139
Negeri Kincir Angin Belanda
Kincir Angin merupakan ikon negera Belanda (Foto : Tiarma Silalahi/Vibizmedia)

(Denyut Dunia – Amsterdam) Apabila mendengar nama Kincir angin ataupun melihat gambar kincir angin pastilah pikiran anda langsung kepada negara Belanda. Ya benar Belanda sering disebut negara kincir angin

Belanda disebut negara kincir angin karena memiliki lebih dari 1.200 kincir angin. Dalam sejarahnya, kincir angin memiliki peranan sangat penting karena berfungsi untuk memompa air keluar dari dataran rendah kembali ke sungai.

Sebanyak 26 persen wilayah Belanda berada di ketinggian yang lebih rendah dari permukaan air laut. Kondisi ini menyebabkan banyak lahan di Belanda yang sering mengalami banjir atau terendam air.

Kincir angin pada saat ini menjadi solusi untuk drainase lahan yang terendam air tersebut agar lahan tersebut bisa difungsikan sebagai lahan pertanian. Kincir angin dipilih karena ramah lingkungan dan memanfaatkan tenaga angin sebagai sumber energinya.

 

Ada lebih1.200 kincir angin di Belanda (Foto : Tiarma Silalahi/Vibizmedia)

Tenaga angin tersebut akan membantu menyalakan generator mesin untuk memompa air keluar dari lahan menuju ke sungai. Selain untuk mengeringkan lahan, tenaga tersebut juga digunakan untuk menyalakan mesin dalam proses penggilingan gandum dan pembuatan tepung.

Kincir angin membuat mudah segala pekerjaan berat di bidang pertanian kala itu. Inilah sebabnya kincir angin penting bagi warga Belanda.