Oliebollen Tradisi Malam Tahun Baru Belanda

0
255
Oliebollen Tradisi Malam Tahun Baru Belanda
Gerobak penjual oliebollen menjelang tahun baru mangkal di beberapa pusat pertokoan (Foto: Tiarma Silalahi/Vibismedia)

(Denyut Dunia – Belanda) Suatu kebiasaan di negeri Belanda setiap menjelang pergantian tahun, terlihat para penjual oliebollen, yang dijajakan menggunakan gerobak. Gorengan khas Belanda yang terbuat dari  tepung, telur, dan susu.

Rasanya mirip roti goreng  yang terasa hambar. Jika suka yang manis-manis tinggal ditambahkan taburan gula halus. Bagi yang suka manis-manis bisa ditambahkan taburan gula halus ada juga yang dicampur kismis

Ada pula jenis oliebollen krenten, yaitu oliebollen yang dicampur kismis. Oliebollen maupun krenten ini dijual dengan harga 1 euro . Satu kotak berisi 10 buah.

Biasanya dua atau tiga hari sebelum malam pergantian tahun, gerobak penjual oliebollen sudah mangkal di beberapa pusat pertokoan, di setiap kota di Belanda.

Tanggal 31 siang hingga jam 6 sore adalah puncak tertinggi penjualan kue ini. Pada jam-jam itu terlihat antrean para pembeli oliebollen sampai “mengular”.  Oliebollen memang sudah menjadi tradisi turun temurun sejak lama.

Meskipun banyak dijual di supermarket, namun masyarakat Belanda lebih senang membelinya di gerobak besar atau kraam, yang khusus menjual oliebollen.

Sudah menjadi tradisi setiap malam jelang pergantian tahun, hampir setiap rumah di Belanda selalu ada oliebollen, dimakan atau tidak dimakan selalu terhidang di meja tamu. Oliebollen biasanya dimakan di tengah malam saat pergantian tahun, sambil melihat kembang api diluar.

Selamat Tahun Baru!!