Bertemu Panglima TNI, Wapres Tegaskan Pengamanan Sebagai Prasyarat Pembangunan Kesejahteraan Papua

0
131
Wapres menerima Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali di Kediaman Resmi Wapres Jl. Diponegoro Jakarta, Selasa sore (03/01/2023). (Foto: BPMI Setwapres)

(Vibizmedia – Jakarta) Percepatan pembangunan kesejahteraan Papua menjadi prioritas pemerintah dalam mewujudkan visi Indonesia Maju dan menyongsong Indonesia Emas 2045. Pengamanan merupakan salah satu faktor kunci dalam mewujudkan visi ini. Untuk itu, sebagai Ketua Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menegaskan bahwa pengamanan di Papua harus dijaga dan memerlukan perhatian dari seluruh pihak terkait.

“Pengamanan Papua ditegaskan oleh Wakil Presiden itu adalah sebagai prasyarat untuk pembangunan kesejahteraan di Papua,” ungkap Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi, dalam keterangan persnya usai mendampingi Wapres menerima Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali di Kediaman Resmi Wapres Jl. Diponegoro Jakarta, Selasa sore (03/01/2023).

Lebih jauh Masduki menuturkan, selain dari sisi pengamanan, Wapres juga meminta agar pengembangan infrastruktur wilayah Papua dapat segera dipersiapkan. Wapres pun memberi arahan kepada Panglima TNI untuk dapat segera mengunjungi Papua dan melakukan langkah-langkah humanis dalam menindaklanjuti arahan ini.

“Dia (Panglima TNI) memang akan segera berangkat ke Papua dan melakukan langkah-langkah sebagaimana yang diinginkan oleh Wakil Presiden, yaitu bagaimana agar Papua tetap pendekatannya pendekatan humanis, pendekatan-pendekatan teritorial tetapi dengan ketegasan-ketegasan,” imbuh Masduki.

“Jadi istilahnya Wapres itu defensif aktif dan itu oleh Panglima disanggupi dan akan dilaksanakan secara lebih tegas,” tambahnya.

Sementara itu, terkait pesan Wapres kepada KSAL, Masduki mengatakan bahwa Wapres bercerita tentang kekayaan laut di Papua, khususnya saat Wapres mengunjungi dan melihat ekspor tuna di Biak Numfor, Papua. Untuk itu, Wapres mengharapkan adanya pengamanan yang lebih ketat untuk wilayah laut di Papua dan seluruh Indonesia.

“Wapres meminta supaya pengamanan-pengamanan kekayaan laut di Papua dan yang lainnya dijaga dengan baik,” pungkas Masduki.

Pada pertemuan yang berlangsung hangat tersebut, Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wakil Presiden Ahmad Erani Yustika dan Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi.