Cyclamen, Indah Bagaikan Bunga yang Dirangkai

0
282
Cyclamen, Indah Bagaikan Bunga yang Dirangkai

(Vibizmedia – Gaya Hidup & Hiburan) Genus Cyclamen telah lama memikat para ahli botani, tukang kebun, seniman, dan penulis. Ilustrasi bunga yang paling awal diketahui dapat ditemukan dalam manuskrip herbal Juliana Anicia Codex (AD512), dinamai sesuai pelindungnya yaitu seorang putri kekaisaran jaman Bizantium Akhir, Putri Anicia Juliana. Buku ini dengan indah menerangi karya ahli farmakologi dan botani Yunani Pedanius Dioscorides, yang menjelaskan kualitas obat dan racun dari berbagai tanaman, dan bagaimana tanaman tersebut dapat digunakan untuk mengobati semua jenis penyakit. Menurut Dioscorides, Kuklaminos (Yunani Cyclamen) dapat digunakan, antara lain, sebagai obat melawan bisa ular, dan bila dicampur dengan anggur dapat menyebabkan mabuk.

Ilustrasi lucu seorang ahli botani Belanda Abraham Munting (1626–1683) dalam manuskripnya Naauwkeurige Beschryving der Aardgewassen (diterjemahkan tahun 1696 sebagai Deskripsi Akurat Tumbuhan Terestrial) dianggap sebagai kunci dalam mempromosikan Cyclamen secara sains untuk pembaca umum. Ia mendeskripsikannya sebagai pelat yang mengilustrasikan tanaman Cyclamen yang tumbang, dan anehnya ia menggambarkannya dalam bentuk raksasa dan melayang di udara, tergantung sempurna di atas lanskap Belanda. Basis umbinya yang besar menyerupai semacam pesawat ruang angkasa botani, yang dek atasnya menampilkan tenda daun di atasnya dengan mahkota bunga tinggi yang menjulur ke luar dan ke atas seperti suar merah muda yang aneh.

Bila Anda tertarik dengan Cyclamen maka sebaiknya merawat cyclamen dengan benar. Hal ini sangat penting jika Anda ingin menjaga tanaman cyclamen Anda bertahan dari tahun ke tahun. Bunganya yang semarak dan daunnya yang menarik menjadikan tanaman ini tanaman hias yang populer dan banyak pemilik bertanya, “Bagaimana cara merawat tanaman cyclamen?

Cara merawat tanaman cyclamen berbeda selama dan setelah berbunga. Perawatan tanaman Cyclamen sebagai dasar perawatan Cyclamen harus dimulai dengan suhu yang tepat. Di alam, Cyclamen tumbuh di lingkungan yang sejuk dan lembab. Jika suhu rumah Anda lebih dari 20 C pada siang hari dan 10 C pada malam hari, maka Cyclamen Anda akan mulai mati secara perlahan. Suhu yang terlalu tinggi akan menyebabkan tanaman mulai menguning, dan bunga akan cepat layu.

Bagian penting berikutnya dalam merawat Cyclamen adalah memastikan penyiramannya benar. Cyclamen sensitif terhadap penyiraman di atas dan di bawah. Pastikan tanaman memiliki drainase yang baik dengan media pot yang menahan air dengan baik. Sirami tanaman Cyclamen Anda hanya jika tanahnya kering saat disentuh, tetapi jangan biarkan tanaman dalam keadaan kering terlalu lama sehingga terlihat tanda-tanda tidak disiram, seperti daun dan bunga yang terkulai. Saat Anda menyirami tanaman, sirami dari bawah daun agar air tidak menyentuh batang atau daun. Air pada batang dan daun dapat menyebabkan pembusukan. Rendam tanah secara menyeluruh dan biarkan kelebihan air mengalir.

Perawatan tanaman Cyclamen selanjutnya adalah pemupukan. Pupuk hanya sekali setiap satu atau dua bulan dengan pupuk larut air yang dicampur dengan kekuatan setengah. Ketika Cyclamen mendapatkan terlalu banyak pupuk, hal itu dapat memengaruhi kemampuannya untuk mekar kembali.

Bagaimana? Tertarikkah Anda memelihara Cyclamen?