Kunjungi Hutan Melalui Virtual di Indonesia Metaverse Show

0
134

(Vibizmedia – Jakarta) Dalam rangkaian acara ulang tahun Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ke 25 tahun, bertempat di Telkom Landmark Tower, Jakarta Selatan, Rabu (18/01), telah berlangsung kegiatan Indonesia Metaverse Show 2023. Perhutani Virtual Forest hadir dalam kegiatan tersebut.

Dengan menggunakan perangkat AR/VR maka pengunjung dapat mengakses hutan secara virtual yang dihadirkan Perhutani Virtual Forest. Kehadiran virtual forest dapat menciptakan pengalaman realistik layaknya mengunjungi hutan di dunia nyata.

Berbagai macam fasilias dam dinikmati melalui Perhutani Virtual Forest,  di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Mengunjungi booth Ekowisata Perhutani di Mall Virtual Metanesia, di dalamnya para pengunjung dapat mengetahui berbagai program metaverse yang disediakan oleh Perhutani.
2. Menikmati konser di panggung virtual lokasi wisata alam Perhutani bersama artis favorit.
3. Mengadopsi pohon dengan menggunakan pembayaran non tunai dan memperoleh sertifikat adopsi pohon yang di-NFT-kan, dengan berbagai promo menarik di lokasi wisata Perhutani
4. Menikmati wellness tourism di lokasi wisata Perhutani secara virtual melalui video 360 experience.

Hadir dalam acara tersebut Direktur SDM, Umum dan IT Perum Perhutani M. Denny Ermansyah dan Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata dan resmi dibuka oleh Ketua Umum Fordigi M. Fajrin Rasyid.

Denny menyebutkan bahwa bergabungnya Perum Perhutani dalam MetaNesia sejalan dengan program strategis Perhutani terkait pengembangan ekosistem digitalisasi. Melalui MetaNesia, Perhutani berharap tercipta peluang baru untuk memasarkan produk-produk Perhutani.

Denny menyatakan, saat ini metaverse sudah memasuki dunia bisnis, itu sebabnya pihaknya meluncurkan Perhutani Virtual Forest sebagai salah satu upaya mempromosikan produk Perhutani melalui dunia metaverse.

Pada event Indonesia Metaverse Show 2023, Perhutani turut berpartisipasi dengan mendirikan booth pameran yang menampilkan VR experience dengan mengunjungi booth  Perhutani di mall virtual metanesia, lalu menikmati program wellness tourism di salah satu lokasi wisata Perhutani yaitu ranca upas secara virtual melalui video 360° dimana para pengunjung bisa merasakan suasana menginap di bobocabin, berendam di onsen, melakukan yoga di alam terbuka dan memberi makan rusa. Selain itu juga berpartisipasi dalam program pohon asuh, dimana pengunjung bisa mengadopsi pohon dengan melakukan pembayaran non tunai dan akan memperoleh sertifikat adopsi pohon yang di-NFT-kan.

Indonesia Metaverse Show 2023 merupakan wadah bagi Forum Digital Indonesia (Fordigi) untuk menyampaikan informasi terkini yang berkaitan dengan AI, blockchain, metaverse guna mendukung inovasi BUMN. Indonesia Metaverse Show 2023  diharapkan mampu untuk mengembangkan strategi adopsi teknologi yang efektif di lingkungan BUMN serta mewujudkan Satu Data BUMN untuk mendukung pengelolaan BUMN yang efektif.

Baca juga:

Kerjasama Dengan Meta, Luncurkan Akademi Pembelajaran Virtual Optimalkan Ekosistem Talenta Digital