Lepasliarkan 803 Kepiting Bakau Demi Keberlanjutan Sumber Daya Ikan

0
110

(Vibizmedia – Jakarta) Pelepasliaran sejumlah 803 ekor kepiting bakau (Scylla spp) telah dilakukan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Kawasan Ekowisata Mangrove, Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara. Kepiting tersebut adalah hasil sitaan Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (Balai Besar KIPM) Jakarta I.

Kepala Balai Besar KIPM Jakarta I, Heri Yuwono di Jakarta, Sabtu (21/1/2023), menyatakan, pelepasliaran ini menindaklanjuti pelaksanaan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Nomor 16/PERMEN-KP/2022 atau arahan dari Pak Menteri Trenggono.

Heri mengatakan, Menteri Trenggono sangat perduli terhadap keberlanjutan sumber daya ikan (SDI). Karenanya, kepiting bakau dengan lebar karapas kurang dari atau sama dengan 12 cm (undersize) dilarang untuk dilalulintaskan. Tidak diperbolehkan mengekspor ukuran yang kecil (undersize) dengan tujuan terjaga keberlanjutannya.

Dikatakannya, modus yang dilakukan pelaku usaha ialah mencampurkan kepiting undersize dengan kepiting yang ukurannya sesuai ketentuan.

Heri menegaskan, penyitaan tersebut adalah bukti bahwa pihaknya tidak bermain-main dalam mengawal SDI. Jadi betul-betul diperiksa agar jangan sampai ada ukuran undersize yang lolos.

Sebagai informasi, pelepasliaran dilakukan pada Kamis 19 Januari 2023. Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Balai Besar KIPM Jakarta I dan tim, perwakilan pemilik kepiting, dan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, Provinsi DKI Jakarta. Selama 2022 lalu, BKIPM juga telah melepasliarkan 4.625 ekor kepiting bakau hasil sitaan.

Heri mengharapkan hal ini menjadi peringatan agar para pelaku usaha juga turut serta dalam pelestarian SDI.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menekankan sisi ekonomi dan ekologi sebagai prioritasnya dalam memajukan sektor kelautan dan perikanan ke depannya. Ia mengatakan bahwa keberlanjutan biota laut dan kesejahteraan bagi nelayan merupakan unsur yang sama penting dan perlu diutamakan.

Baca juga:

Sejumlah 3.000 Ikan Nemo Berbagai Varian Ditebar di Perairan Tidore Dukung Sail Tidore