Potongan Hingga 20 Persen, KAI Keluarkan Program Diskon Mudik 2023

0
151
Suasana di salah satu stasiun kereta api (Foto: KAI)

(Vibizmedia – Jakarta) Kabar baik disampaikan oleh PT Kereta Api Indonesia/KAI (persero) Daop 1 Jakarta yaitu telah diluncurkan program Diskon Mudik 2023 dimana diberikan potongan harga tiket kereta api hingga 20 persen untuk keberangkatan kereta api periode 14-17 April 2023.

Total sebanyak 2.550 tiket diskon KAI Daop 1 Jakarta sediakan untuk Kereta Api Jarak Jauh kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi. Untuk eksekutif sebanyak 1.800 tiket, bisnis 150 tiket dan ekonomi sebanyak 600 tiket.

Masyarakat dapat membeli tiket diskon tersebut pada 9-13 April 2023 di mana pada masing-masing hari tersebut dibuka sebanyak 510 tiket diskon. Pembelian tiket diskon ini dapat dilakukan di aplikasi KAI Access, web kai.id, dan seluruh chanel penjualan tiket yang bekerja sama secara resmi dengan KAI.

Kahumas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menjelaskan, program Diskon Mudik 2023 ini diselenggarakan dalam rangka memberikan alternatif tanggal keberangkatan kepada pelanggan untuk pulang ke kampung halaman. Sehingga perjalanan tidak terkonsentrasi pada tanggal-tanggal yang berdekatan dengan hari H Lebaran.

Selain itu, pemberian diskon tiket ini juga sejalan dengan program Kementerian Perhubungan yang mengimbau kepada masyarakat agar mudik lebih awal. Guna mengurai kepadatan arus mudik yang terjadi menjelang hari Lebaran.

Berikut daftar program diskon KA dari area Daop 1 Jakarta :
Keberangkatan Stasiun Gambir
- KA Argo Bromo Anggrek (Gambir-Surabaya Pasarturi);
- KA Argo Cheribon (Gambir-Cirebon);
- KA Argo Dwipangga (Gambir-Solo Balapan);
- KA Argo Dwipangga Tambahan (Gambir-Solo Balapan);
- KA Argo Lawu (Gambir – Solo Balapan);
- KA Argo Lawu Tambahan (Gambir – Solo Balapan);
- KA Argo Muria (Gambir-Semarang Tawang);
- KA Argo Muria Tambahan (Gambir-Semarang Tawang);
- KA Argo Sindoro (Gambir-Semarang Tawang);
- KA Argo Sindoro Tambahan (Gambir-Semarang Tawang);
- KA Bima (Gambir- Surabaya Gubeng);
- KA Gajayana Tambahan (Gambir-Malang);
- KA Tambahan Gambir-Surabaya Gubeng-Surabaya Pasarturi (Gambir-Surabaya Pasarturi);
- KA Sembrani Tambahan (Gambir-Surabaya Pasarturi);
- KA Taksaka (Gambir-Yogyakarta); dan
- KA Taksaka Tambahan (Gambir-Yogyakarta).

Keberangkatan Stasiun Pasar Senen
- KA Dharmawangsa (Pasar Senen – Surabaya Pasarturi);
- KA Gaya Baru Malam Selatan (Pasarsenen – Surabaya Gubeng); dan
- KA Jayakarta (Pasar Senen – Surabaya Gubeng).

Lebih lanjut Eva mengungkapkan, berdasarkan pantauan keberangkatan di Stasiun Gambir dan Pasar Senen pada Minggu, 9 April 2023 volume penumpang berangkat masih terhitung normal sesuai rata-rata harian pada saat menjelang akhir pekan, belum terdapat peningkatan jumlah penumpang yang signifikan.

“Untuk hari ini sekitar 6.000 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan 7.500 penumpang dari Stasiun Gambir,” ujar Eva pada Minggu (9/4/2023).

Sementara berdasarkan data Minggu 9 April 2023, sekitar 460.000 tiket untuk keberangkatan masa Angkutan Lebaran dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen telah terjual. Dari jumlah tersebut mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit seperti H-5 s.d H1 Lebaran atau 17 s.d 22 April 2023.

Berdasarkan data tiket terjual pada tanggal-tanggal tersebut, tingkat okupansi volume penumpang sudah mencapai 85 hingga 97 persen, dengan data sebagai berikut:
– 17 April 2023 terjual sekitar 35.000 tiket, okupansi 86 persen;
- 18 April 2023 terjual sekitar 35.400 tiket, okupansi 85 persen;
- 19 April 2023 terjual sekitar 39.100 tiket, okupansi 95 persen;
- 20 April 2023 terjual sekitar 37.000 tiket, okupansi 92 persen;
- 21 April 2023 terjual sekitar 39.800 tiket, okupansi 97 persen;
- 22 April 2023 terjual sekitar 36.500 tiket, okupansi 90 persen.

“Sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit diantaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo dan Bandung,” ujar Eva.

Pada masa Angkutan Lebaran 2023 mulai 12 April (H-10) hingga 3 Mei (H+10) secara total PT KAI Daop 1 Jakarta menyiapkan hingga 1 Juta tiket Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dengan 1.513 perjalanan KA untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

Adapun dari jumlah tersebut sudah termasuk perjalanan KA Tambahan sebanyak 303 KA yang tiketnya sudah dapat dipesan sejak Senin, 13 Maret 2023. KA tambahan tersedia untuk sejumlah perjalanan relasi favorit seperti tujuan Yogyakarta, Semarang, Solo, Blitar, Surabaya dan Malang.

Pemesanan tiket Angkutan Lebaran sudah dapat dilakukan sejak 45 hari sebelum jadwal keberangkatan melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, contact center 121 dan berbagai mitra penjualan resmi yang bekerja sama dengan KAI. Sementara loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket go show mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

Selain melakukan persiapan melalui keandalan sarana dan peningkatan jumlah perjalanan melalui KA tambahan, Daop 1 Jakarta juga menambah sejumlah fasilitas di stasiun seperti kursi tunggu dan area bermain anak.

Sejumlah fasilitas toilet dan area ibadah juga diperbaharui seperti yang dilakukan di Stasiun Pasar Senen dan Gambir. Daop 1 Jakarta juga melakukan penambahan petugas pelayanan, pengamanan untuk memastikan angkutan lebaran dapat berjalan dengan aman dan lancar.

KAI Daop 1 Jakarta juga mengingatkan kembali kepada seluruh pengguna jasa agar memperhatikan aturan vaksin terbaru yang berlaku saat ini, khususnya perubahan aturan pada usia anak 6 s.d 12 tahun dimana saat ini anak pada usia tersebut yang belum di vaksin tetap dapat naik kereta api dengan syarat memiliki surat keterangan belum mendapatkan vaksinasi dari Puskesmas/fasilitas pelayanan kesehatan dengan alasan tertentu atau harus didampingi oleh orang dewasa yang telah mendapatkan vaksinasi booster.

Berikut aturan lengkap terkait vaksin untuk penumpang KAJJ berdasarkan Surat Edaran Kementerian Perhubungan dan Kementerian Kesehatan :

1. Usia 18 tahun ke atas:


a) Wajib vaksin ketiga (booster);
b) WNA yang berasal dari perjalanan luar negeri, wajib vaksin kedua;
b) Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.

2. Usia 6-12 tahun:


a) Wajib vaksin kedua;
b) Berasal dari perjalanan luar negeri, tidak wajib vaksin;
c) Tidak/belum divaksin harus memiliki surat keterangan belum mendapatkan vaksinasi dari Puskesmas/fasilitas pelayanan kesehatan dengan alasan tertentu, atau harus didampingi oleh orang tua/orang dewasa yang telah mendapatkan vaksinasi lengkap (vaksin 1, vaksin 2, dan booster 1) selama melakukan perjalanan.

Dalam hal orang tua/orang dewasa pendamping belum mendapatkan vaksinasi lengkap karena alasan kesehatan harus dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter penanggung jawab pelayanan sesuai dengan ketentuan protokol kesehatan bagi pelaku perjalanan.

3. Usia 13-17 tahun:


a) Wajib vaksin kedua;
b) Berasal dari perjalanan luar negeri, tidak wajib vaksin;
c) Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.

4. Pelanggan dengan usia di bawah 6 tahun:

tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR namun wajib dengan pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

Pelanggan KA yang akan bepergian menggunakan jasa layanan KAI juga dihimbau agar datang lebih awal ke stasiun pemberangkatan minimal 1 jam sebelum keberangkatan KA nya.

Masyarakat yang ingin mengetahui ketersediaan tiket dapat melalui jalur online yakni Aplikasi KAI Access yang dapat diunduh secara gratis di perangkat Android dan iOS. Selain pengecekan ketersediaan tiket Aplikasi KAI Access juga dapat digunakan untuk pemesanan tiket, perubahan jadwal dan pembatalan tiket. Selain melalui aplikasi pemesanan tiket juga dapat dilakukan melalui agen resmi penjualan online dan retail yang sudah bekerjasama dengan KAI.

Untuk informasi lebih lanjut terkait program Diskon Mudik 2023 ini, masyarakat dapat menghubungi Customer Service KAI di Stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai. id, atau media sosial KAI121.