Wamenparekraf Pastikan UMKM dan Masyarakat Labuan Bajo Dilibatkan dalam KTT ASEAN

0
183
Labuan Bajo
Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo bersama Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) II Kartika Wirjoatmodjo meninjau sejumlah sarana infrastruktur KTT ASEAN di Labuan Bajo. FOTO: KEMENPAREKRAF

(Vibizmedia-Nasional) Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf/Wakabaparekraf) Angela Tanoesoedibjo bersama Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) II Kartika Wirjoatmodjo meninjau kesiapan lokasi dan infrastruktur penunjang jelang pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 18-19 April 2023.

Sejumlah lokasi dan infrastruktur penunjang KTT ASEAN di Labuan Bajo tersebut adalah Bandara Internasional Komodo, kawasan Marina dan Waterfront di Kampung Ujung, Meruorah Komodo Labuan Bajo Resort dan Creative Hub Labuan Bajo di Puncak Waringin, Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Kantor Bupati Manggarai Barat, Lapangan Dinas Cipta Karya, SDA, dan Tata Ruang Kabupaten Manggarai Barat, serta kawasan Golo Mori.

Menurut Angela, pihaknya siap mendukung penuh pelaksanaan KTT ASEAN pada 9-11 Mei mendatang dengan menghadirkan event pesta rakyat dengan melibatkan pelaku UMKM setempat.

“Kita ingin masyarakat merasa dilibatkan dalam kegiatan ini. Kita ingin menghadirkan side event yang tidak hanya dinikmati oleh delegasi tetapi juga masyarakat lokal. Keterlibatan aktif masyarakat sangat penting untuk kesuksesan KTT ASEAN di Labuan Bajo terutama dalam mempromosikan produk-produk UMKM,” jelas Angela.

Angela berharap dengan dilibatkannya pelaku UMKM, diharapkan bisa menggerakkan perekonomian masyarakat di Labuan Bajo.

“Sehingga, masyarakat Labuan Bajo bisa merasakan dampak positif dari pelaksanaan KTT ASEAN 2023,” kata Angela.

Sementara, Direktur Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fathina mengatakan event-event pendukung tersebut rencananya akan dilaksanakan pada 7-11 Mei dengan melibatkan seniman-seniman setempat. Shana berharap event-event ini bisa memberikan pengalaman berwisata di Labuan Bajo kepada pengunjung yang datang serta menyebarkan informasi tentang ASEAN kepada masyarakat.

“Harapannya gaung KTT ASEAN nanti bisa dirasakan oleh masyarakat Labuan Bajo,” terang Shana.