Hubungan Indonesia-Australia Semakin Kuat, Investasi Naik 50% dan Perdagangan Naik 90%

0
113
Kunjungan Kerja Presiden
Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan dengan Ketua Oposisi Australia Peter Dutton, di Admiralty House, Sydney, pada Selasa, 4 Juli 2024. FOTO: BIRO PERS SETPRES

(Vibizmedia-Nasional) Sebagai sahabat sekaligus mitra strategis Indonesia dan ASEAN, Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno melakukan pertemuan dengan Ketua Oposisi Australia Peter Dutton di Admiralty House, Sydney, pada Selasa, 4 Juli 2024.

“Sejak implementasi Indonesia-Australia CEPA 3 tahun lalu, hubungan kedua negara saat ini sangat kuat. Perdagangan naik 90 persen, investasi juga naik 50 persen, dan berbagai kemajuan kerja sama lainnya,” jelas Presiden.

Presiden mengharapkan dukungan Ketua Oposisi Peter Dutton agar kerja sama ekonomi antara dua negara lebih substantif dan lebih strategis di masa depan, termasuk kerja sama pengembangan industri EV baterai.

Presiden juga berharap adanya peningkatan kerja sama Indonesia dan Australia di Pasifik, antara lain melalui kerja sama trilateral.