KAI Mengembangkan Aplikasi Access Untuk Kemudahan Pelanggan

0
171

(Vibizmedia – Jakarta) KAI terus berkomiten untuk melakukan inovasi, khususnya dalam salah satu aspek utamanya yaitu digitalisasi. Kali ini KAI melakukan inovasi digitalisasi melalui aplikasi KAI Access yang telah resmi diluncurkan pada tanggal 10 Agustus 2023. Apikasi ini memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk melakukan berbagai hal hanya melalui satu genggaman.

Dalam segala upaya untuk melakukan inovasi KAI melakukan pengembangan dan peningkatan fitur, serta mengubah nama aplikasinya dari “KAI Access” menjadi “Access,” hal ini dilakukan sebagai respons terhadap meningkatnya kebutuhan digitalisasi masyarakat pengguna kereta api.

Perubahan dari KAI Access menjadi Access ini berdasarkan masukan yang diterima dari para pelanggan melalui Playstore, App Store, Contact Center CC121, hasil survei kepuasan pelanggan, serta saran dari konsultan KAI. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi solusi modern yang ditawarkan oleh KAI kepada masyarakat, untuk memfasilitasi perjalanan kereta api dengan fitur-fitur inovatif. Untuk menikmati fitur dan layanan tersebut, pengguna dapat melakukan pembaruan melalui Playstore atau Appstore.

Vice President of Public Relations Joni Martinus menyatakan harapannya bahwa dengan peluncuran aplikasi Access maka semakin memudahkan pelanggan dalam mengakses layanan digital, untuk mendukung kebutuhan pengguna. Ini juga merupakan salah satu inovasi digital dari KAI untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, dengan teknologi yang lebih andal, perubahan antarmuka pengguna yang lebih menarik dan dinamis, serta berbagai peningkatan fitur dan layanan, harapannya dapat menunjang user experience yang lebih baik lagi.

Selain meningkatkan fitur yang sudah ada saat ini, KAI juga telah mengembangkan sejumlah fitur layanan baru yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna dengan empat fitur unggulan yang ditawarkan, antara lain:

1. Trip Planner: Fitur ini memungkinkan pengguna Access untuk merencanakan perjalanan wisata. Pengguna dapat menentukan lokasi tujuan perjalanan, anggaran yang tersedia, serta preferensi terkait tujuan wisata seperti kuliner, belanja, wisata alam, dan lain sebagainya. Sistem akan menyusun rencana perjalanan berdasarkan pilihan-pilihan ini.

2. Hotel Reservation: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pemesanan hotel langsung melalui aplikasi Access.

3. Live Tracking: Fitur Live Tracking memungkinkan pengguna untuk melacak lokasi perjalanan kereta secara real-time. Informasi Live Tracking akan tersedia saat kereta mulai bergerak, sehingga pengguna dapat mengetahui posisi kereta dan lokasi saat ini.

4. Loyalty Point: KAI juga telah mengembangkan program loyalitas Railpoin. Sebelumnya, Railpoin hanya dapat digunakan untuk pembelian tiket kereta, namun sekarang pengguna dapat menukarkan Railpoin untuk berbelanja di merchant-merchant yang bekerjasama dengan KAI.

Semua fitur ini dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan memberikan lebih banyak manfaat ketika menggunakan aplikasi Access.

Selain keempat fitur unggulan tersebut, pelanggan juga dapat memanfaatkan beragam fitur lainnya, seperti pemesanan tiket Commuterline, KA Bandara, Single Sign On, pendaftaran Face Recognition Boarding Gate, dan transfer tiket. Selain itu, pelanggan dapat melakukan pemesanan makanan/minuman melalui menu Railfood dengan opsi pembayaran melalui KAI Pay, serta memiliki kemampuan untuk memesan tiket kereta dan makanan/minuman secara bersamaan. Sebelumnya, dalam menu aplikasi KAI Access yang lama, pemesanan Railfood dan tiket kereta dilakukan secara terpisah sebagai add-ons.

Aplikasi “Access” telah mengubah paradigma dalam pemesanan tiket kereta api secara luar biasa. Dengan mengintegrasikan teknologi canggih ke dalam perjalanan kereta api, aplikasi ini telah meningkatkan efisiensi, kenyamanan, dan keamanannya.

Joni melanjutkan, dengan terus berkembangnya teknologi maka diharapkan dapat melihat lebih banyak peningkatan dan adaptasi dalam aplikasi Access. Konsep ini menggabungkan kecepatan, kenyamanan, dan keamanan dalam satu paket, memperbaiki pengalaman perjalanan kereta api menjadi lebih efisien dan terhubung secara digital. Peluncuran aplikasi Access diharapkan akan meningkatkan minat masyarakat, khususnya generasi milenial dan generasi Z, untuk menggunakan layanan transportasi massal kereta api yang aman, nyaman, sehat, dan tepat waktu.

Baca juga:

KAI Resmikan Kereta Ekonomi New Generation, Makin Nyaman dan Lega