Indonesia-Europe Business Forum, Kesepakatan Pengusahan Indonesia-Eropa Perkuat Kerjasama Dagang dan Investasi

0
186

(Vibizmedia – Jakarta) Telah berlangsung  Indonesia-Europe Business Forum (IEBF) pada 17 Oktober 2023 di Hotel Ritz Carlton, Jakarta. Pada pembukaan forum ini telah dilakukan penandatanganan 8 (delapan) naskah MoU/LoI kerja sama beragam bisnis antara pihak-pihak di Indonesia dan mitranya di Eropa. Hal ini menunjukkan kesepakatan terjadi antara pengusaha Eropa dan Indonesia untuk memperkuat kerja sama dagang dan investasi, meliputi sektor industri pariwisata dan ekonomi kreatif, serta energi terbarukan.

IEBF menghadirkan 138 pengusaha dari 33 negara Eropa yang bertemu dengan lebih dari 250 pengusaha Indonesia. IEBF juga akan memfasilitasi setidaknya 100 pertemuan business matching selama dua hari. Kegiatan ini merupakan wujud upaya aktif Kementerian Luar Negeri RI untuk memperkuat interaksi perdagangan dan investasi dengan kawasan Eropa.

Wakil Menteri Luar Negeri RI, Pahala Mansury, dalam sambutannya saat membuka IEBF menyatakan, kawasan Eropa adalah strategic partner Indonesia, banyak ruang bagi kolaborasi bisnis yang saling menguntungkan yang masih terbuka lebar.

Sementara, Plh. Ketua Kadin Indonesia, Yukki Nugrahawan Hanafi, dalam sambutannya menyampaikan, Eropa merupakan penyedia teknologi dan kemampuan manufaktur yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan inovasi di Indonesia.

IEBF juga memberi kesempatan kepada 9 (sembilan) perusahaan swasta dan BUMN Indonesia untuk mempromosikan bisnis mereka pada sesi business pitching kepada perwakilan negara sahabat, Kamar Dagang dan Industri negara-negara Eropa, pengusaha asing, asosiasi dan organisasi asing lainnya. Beberapa perusahaan yang akan melakukan pitching, antara lain KEK Singhasari, Indonesia Battery Corporation, PLN Nusantara Power, dan Melchor Group.

Dalam kesempatan IEBF, telah diluncurkan pula buku “Road to Germany: Kajian Potensi Ekonomi dan Risiko Negara Jerman”, hasil kolaborasi antara KBRI Berlin dan LPEI.

IEBF yang didukung oleh KADIN Indonesia, merupakan penggabungan kegiatan INA-Europe dan INACEE yang diselenggarakan pada tahun-tahun sebelumnya.

IEBF akan menjadi forum interaksi tahunan antara kalangan bisnis Indonesia dan Eropa guna memfasilitasi upaya peningkatan hubungan perdagangan dan investasi kedua kawasan secara keseluruhan.

Baca juga:

Indonesia-Eropa Percepat IEU-CEPA Selesai Desember 2023