Indeks Nikkei Bulan November Raih Kenaikan 8,5 Persen

0
182

(Vibizmedia – Index) Bursa saham Jepang ditutup naik pada hari Kamis, menghentikan penurunan tiga hari, mendapat dorongan dari pendapatan domestik yang kuat dan melemahnya yen sepanjang paruh pertama bulan November.

Indeks Nikkei 225 naik 0,5% menjadi ditutup pada 33.487, sedangkan Indeks Topix yang lebih luas naik 0,44% menjadi 2.375.

Indeks Nikkei dan Topix juga menguat masing-masing sebesar 8,5% dan 5,4% di bulan November, didukung oleh spekulasi bahwa suku bunga AS telah mencapai puncaknya.

Sementara itu, rilis data yang menunjukkan produksi industri Jepang naik lebih dari perkiraan pada bulan Oktober, sementara pertumbuhan penjualan ritel tidak sesuai perkiraan.

Kenaikan penting terlihat dari indeks kapital besar seperti Advantest (4,3%), Mitsui & Co (1%), Kawasaki Kisen (3,2%), Keyence (1,5%) dan Disco Corp (2,1%).

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Jepang akan mencermati data Unemployment Rate dan Jobs/application ratio bulan Oktober, jika hasilnya membaik, akan menguatkan bursa Jepang. Juga akan dicermati hasil penutupan bursa Wall Street, yang jika naik akan memberikan sentimen positif, namun jika turun akan memberikan sentimen negatif bagi bursa Jepang.