Kerugian Semua Sektor Menekan Indeks Hang Seng Senin

0
183

(Vibizmedia – Index) Indeks Hang Seng pada hari Senin ditutup turun di level terendah satu tahun, tertekan oleh kerugian di semua sektor.

Indeks Hang Seng anjlok 184,25 poin atau 1,09% menjadi berakhir pada 16.646,05.

Para pedagang semakin gelisah menjelang data perdagangan China bulan November dan angka inflasi akhir pekan ini.

Mereka juga mengantisipasi data aktivitas jasa China bulan lalu dari survei swasta setelah pembacaan resmi minggu lalu menunjukkan pertumbuhan di sektor ini turun ke level terendah dalam 11 bulan.

Sementara itu, kontrak berjangka AS jauh lebih rendah setelah Ketua Fed Powell mengindikasikan dalam sambutannya bahwa kenaikan suku bunga lebih lanjut dapat dilakukan sampai inflasi kembali ke 2%.

WuXi Biologics turun 23,8% karena panduan laba yang lebih rendah dan pendapatan yang lemah. Penggerak terbawah lainnya adalah Sunny Optical Tech. (-5.3%), Li Ning (-4.6%), dan Kingdee Intl. Perangkat Lunak (-3,1%).

Sebaliknya, perusahaan pengembang Tiongkok Evergrande Group melonjak 7,1% setelah pengadilan Hong Kong secara tak terduga menunda sidang pengadilan hingga 29 Januari mengenai permintaan kreditur untuk membubarkan perusahaan tersebut.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Hong Kong akan mencermati hasil penutupan bursa Wall Street, yang jika ditutup naik, dapat memberikan sentimen positif bagi bursa Hong Kong. Juga akan dicermato data Caixin Services dan Composite PMI China bulan November, yang jika terealisir naik akan dapat menguatkan bursa Hong Kong.